7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Kesuksesan dalam dunia bisnis dan pekerjaan dipengaruhi oleh seberapa besar produktivitas kita. Sebagai seorang pengusaha tentu memiliki tanggung jawab yang lebih besar, misalnya untuk memimpin sebuah tim dan juga berupaya menarik investor. Demikian pula sebagai seorang karyawan yang punya bidang tugas masing-masing.

Untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab tersebut (baik itu sebagai pengusaha ataupun karyawan), diperlukan produktivitas yang mumpuni. Lalu bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan diri agar lebih produktif? Mungkin 7 tips ini bisa memandu anda.

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Nutrisi Otak
produktivitas kerja
Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pepatah yang berbunyi: "Anda adalah apa yang Anda makan". Menurut penelitian, nutrisi yang tepat dapat meningkatkan produktivitas diri. Otak akan mampu bekerja maksimal jika diberi nutrisi yang mengandung omega-3 (salmon, kiwi, kacang-kacangan) dan asam folat (bayam dan jus jeruk).

2. Bekerja di Dekat Jendela
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Northwestern University dan National Renewable Energy Laboratory menyatakan bahwa cahaya alami dapat meningkatkan kreativitas dan energi. Jadi dengan bekerja di dekat jendela ataupun ventilasi cahaya dapat membuat gairah kerja lebih baik.

3. Hindari Gangguan 
Beberapa gadget memiliki peran penting dalam kinerja anda, namun juga terkadang bisa memberi gangguan misalnya smartphone, tablet, dan laptop. Oleh sebab itu, minimalisir gangguan tersebut agar tidak membuyarkan fokus kerja anda.

4. Kesunyian Bukan Berarti Paling Ideal
Kebisingan merupakan gangguan yang dapat menurunkan produktivitas kerja. Namun pada tingkat tertentu, misalnya kebisingan 70 desibel justru dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja. Menurut penelitian, bekerja sembari mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kecepatan, kreativitas, mood (suasana hati), dan menghindari kesalahan.

5. Kurangi Multitasking
Bekerja menyelesaikan beberapa tugas dalam waktu berbarengan (multitasking) memang merupakan sebuah kemampuan yang diinginkan setiap orang. Dengan bekerja secara multi tasking, kita berharap agar semua tugas dan tanggung jawab yang kita emban dapat diselesaikan dengan cepat dan efesien. Namun sayangnya, kemampuan otak untuk mampu bekerja pada lebih dari dua hal dalam waktu bersamaan adalah hal yang sangat terbatas, dan ini dapat mempengaruhi kinerja dan kesehatan otak.

6. Memajang Foto Gambar Hewan yang Menggemaskan
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti asal Jepang, yakni Hiroshi Nittono, Michiko Fukushima, Akihiro Yano, dan Hiroki Moriya, menemukan hasil bahwa dengan melihat gambar binatang lucu, seperti foto anak anjing atau kucing, dapat meningkatkan mood anda, sehingga menggairahkan produktivitas kerja anda.

7. Jangan Terlalu Perfeksionis
Bila anda seorang yang perfeksionis (mengutamakan kesempurnaan), maka sebaiknya jangan terlalu dibawa ke tempat kerja. Ketika hasil kerja anda belum mencapai kesempurnaan, maka anda akan terus berulang-ulang mengerjakannya kembali agar benar-benar mendapat hasil yang sempurna. Hal ini dapat membuat kerja menjadi bertambah lama dan menghabiskan banyak tenaga, yang pada gilirannya dapat membuat hasil kerja menjadi gagal. Meskipun anda kurang setuju dengan hal ini, namun penelitian menunjukkan bahwa seorang guru yang perfeksionis ternyata lebih sedikit mampu menghasilkan atau mempublikasikan jurnal ilmiahnya. (referensi: soyentrepreneur.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait