3 Potensi Keuntungan Ekstra Mewaralabakan Bisnis

Salah satu cara untuk memperlebar sayap bisnis anda adalah dengan mewara - labakannya. Kerjasama usaha yang berkonsep franchise telah menjadi trend bisnis yang cukup populer di Indonesia. Banyak calon wirausahawan muda yang masih buta dalam dunia bisnis lebih memilih mendirikan bisnisnya dengan bantuan franchisor. Oleh karena itu, ketika usaha anda telah stabil maka mengembangkannya menjadi bisnis dengan model waralaba menjadi cara yang cukup efektif untuk melipat gandakan keuntungan anda. 

Apa sajakah celah bisnis yang bisa kita manfaatkan dalam model franchise tersebut agar menghasilkan profit yang berlipat? Ada beberapa celah usaha yang bisa kita kelola, sehingga keuntungan yang kita peroleh tidak hanya berasal dari paket fee atau royalti saja, tetapi juga bagian-bagian lainnya, diantaranya:

WARALABA
1. Keuntungan dari Pengadaan Peralatan
Dalam jalinan kerjasama waralaba, para mitra biasanya menginginkan paket usaha yang sudah siap beroperasi. Mereka tidak ingin berpusing pusing  memikirkan untuk menyediakan sendiri peralatan yang dibutuhkan. Semuanya ingin diserahkan kepada pewaralaba, sehingga para mitra hanya mau fokus untuk memulai mengoperasikan bisnisnya dengan segera. Oleh sebab itu, dalam pengadaan peralatan tersebut, anda sebagai pemilik waralaba bisa menggali potensi keuntungan dengan mengangkat harganya.

2. Keuntungan dari Penyediaan Bahan
Dalam franchise makanan atau minuman, para pemberi waralaba biasanya menyediakan stok bahan baku yang setengah jadi. Hal ini bertujuan untuk memastikan kualitas bahan yang akan digunakan oleh mitra agar sesuai standar, sekaligus juga berupaya untuk tetap menjaga kerahasiaan resep yang dimiliki pewaralaba. Melalui penyediaan bahan-bahan tersebut, franchisor akan mampu memperoleh potensi keuntungan dari selisih antara biaya pengadaan bahan dengan harga jual yang dipatok untuk para mitra.

3. Keuntungan dari Pengadaan Fasilitas Tambahan dan Jasa Advertising
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, para calon penerima waralaba biasanya lebih senang dengan paket bisnis yang praktis. Hal ini bisa menjadi celah bisnis lainnya, misalnya fee untuk jasa pembuatan website, jasa training, jasa promosi dan periklanan, bahkan juga termasuk jasa perizinan usaha. Anda sebagai pemilik waralaba tentu sudah familiar dengan hal-hal tersebut.

Demikianlah beberapa peluang usaha tambahan yang bisa anda optimalkan dibalik penawaran bisnis waralaba. Beragam celah keuntungan tersebut akan mampu membuat profit bisnis anda menjadi berlipat. Jadi, selain dapat pemasukan dari biaya fee franchise, anda juga akan memperoleh keuntungan dari selisih pengadaan bahan, pengadaan peralatan, dan juga termasuk selisih keuntungan dari pengadaan jasa dan fasilitas ekstra. 

Jika anda baru saja mulai mewaralabakan bisnis anda, maka ada baiknya anda mengeleminasi (menciutkan) celah-celah keuntungan tersebut sehingga anda dapat menawarkan harga paket waralaba yang lebih murah dan kompetitif agar lebih menarik minat para calon entrepreneur.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait