10 Spesifikasi Produk Online yang Harus Dideskripsikan Mendetail

Satu hal keterbatasan yang dialami oleh calon pembeli yang ingin bertransaksi secara online adalah tidak bisa melihat dan menyentuh langsung produk yang ingin dibelinya. Sehingga hal tersebut sering kali membuat kurangnya ketepercayaan konsumen saat ingin membeli produk secara online. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulisan deskripsi produk yang dipajang pada toko online harus dibuat secara jelas dan sesuai kondisi sebenarnya. 

Dalam mendeskripsikan produk-produk online, ada sekitar 10 spesifikasi produk yang wajib anda cantumkan, yakni:

toko online
tampilan produk pada sebuah toko online
1. Nama Produk
Tulislah nama produk yang mampu menggambarkan jati diri produk tersebut. Silahkan baca tips memilih dan memberi nama produk usaha di sini!

2. Penjelasan Dasar tentang Keunggulan Produk
Setiap produk yang ditawarkan pada toko online harus diberi penjelasan yang memadai yang membuat calon konsumen dapat memahami produk tersebut.

3. Brand atau Merek
Ada banyak brand yang ternyata memiliki aneka varian nama produk, misalnya Brand motor Honda yang memiliki variasi nama produk yang beragam, seperti Vario, Supra, Beat, Revo, dan sebagainya. Oleh sebab itu, selain nama produk, anda juga harus mencantumkan merek utama dari varian produk tersebut.

4. Warna
Dalam memilih sebuah produk, konsumen juga memperhatikan warna kesukaannya. Jadi, amat penting untuk mencantumkan spesifikasi warna yang tersedia tersebut.

5. Bahan
Pencantuman jenis bahan pada spesifikasi produk dapat membuat calon konsumen memahami produk lebih jelas. Hal ini untuk menghindari salah persepsi konsumen karena tampilan gambar yang kurang jelas.

6. Dimensi atau Ukuran
Penjelasan mengenai dimensi produk, baik tanpa kemasan maupun dengan kemasan, akan memberikan sekilas gambaran tentang pas tidaknya produk tersebut dengan kebutuhan yang diinginkan konsumen.

7. Harga dan Cara Pembayaran
Pencantuman harga produk ditulis dengan font huruf yang mudah dibaca dan agak besar. Hal ini akan membuat pengunjung situs toko online anda mudah mendapat informasi dengan cepat. Berikan juga link yang mengarahkan visitor ke halaman tata cara transaksi.

8. Cara dan Ongkos Kirim
Cara dan biaya pengiriman menjadi hal yang tak terpisahkan dalam transaksi online. Cantumkan secara mendetail bagaimana konsumen akan menerima produk anda dan berapa besar biaya tambahan yang harus mereka tanggung, termasuk juga estimasi waktu yang diperlukan dalam proses pengiriman barang tersebut.

9. Gambar Pendukung
Agar lebih jelas dan menarik calon pembeli, maka setiap produk yang ditawarkan sebaiknya menampilkan minimal 2 gambar (foto) dari sisi yang berbeda.

10. Keterangan Khusus
Jika terdapat syarat khusus, misalnya jumlah diskon, cara pengembalian produk yang tak sesuai pesanan, dan sejenisnya, maka wajib anda cantumkan keterangan khusus, sehingga kedua belah pihak memiliki persepsi yang sama, agar terhindar dari konflik akibat kurangnya penjelasan khusus yang clear.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait