Usaha Rumahan Pembuatan Keripik Ikan Balita

Baby fish chips adalah olahan ikan kecil (bayi ikan) yang dijadikan sebagai chips atau keripik. Pembuatan keripik ikan dapat digunakan sebagai sebuah peluang wirausaha yang cukup menggairahkan. Proses pembuatannya mudah, cepat, dengan cita rasa yang renyah, juga dapat disajikan sebagai makanan camilan maupun lauk pauk sehari-hari dengan kandungan kadar protein sebesar 18 -30%. Olahan ikan balita sebagai keripik dibuat dari anakan ikan peliharaan, seperti ikan mas, nilem, dan ikan nila, serta beberapa jenis ikan tawar lainnya.

Bayi ikan mas yang digunakan sebagai bahan keripik ikan balita adalah yang telah berumur 1-2 bulan dan berukuran 5-7 cm atau sebesar jari kelingking. Di tempat pembudidayaan, harga anakan ikan mas sekitar Rp 20.000 - 30.000,-per kilogram, atau juga dijual dengan ukuran literan. Jika diolah menjadi panganan keripik ikan, maka bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

baby fish chips crispyDalam proses produksi, anda bisa menghasilkan 1 kg keripik ikan balita dengan menggunakan bahan 3 kg ikan balita segar. Peluang usaha keripik ikan balita cukup potensial mendatangkan profit yang baik. Jika bahan 3 kg ikan mas balita segar seharga Rp 60.000, maka potensi omset yang bisa diperoleh dari olahan baby fish chips sekitar Rp 500.000,-. Jika anda jual dalam kemasan kecil-kecil, maka potensi keuntungannya semakin besar.

Bagaimanakah cara membuat keripik ikan balita (baby fish chips)???
Bahan-bahan yang diperlukan dalam proses produksi keripik ikan ini antara lain:
1. Bayi ikan mas segar (1/2 kg)
2. Tepung beras (3/4 kg)
3. Tepung terigu (1/4 kg)
4. Santan kelapa (1 liter)
5. Telur ayam (5 butir)
6. Air jeruk nipis atau limao
7. Bumbu-bumbu ulekan, seperti cabe, bawang, gula, garam, penyedap rasa, dan sebagainya.
8. Air kapur secukupnya.

Tahap-tahap pembuatan keripik ikan balita adalah:
usaha keripik ikan
1. Cuci dan bersihkan ikan balita dari berbagai kotoran.
2. Keluarkan isi perut ikan agar olahan ikan lebih awet dan tetap lezat.
3. Hilangkan bau amis ikan dengan cara merendam dan mencucinya di dalam larutan air perasan jeruk atau buah asam.
4. Haluskan atau ulek bumbu-bumbu.
5. Buat adonan kental dari campuran tepung-tepung, santan, telur, air, dan juga limao.
6. Campur ikan yang telah terbebas dari bau amis ke dalam adonan tepung tersebut.
7. Goreng adonan ikan tersebut dalam minyak panas hingga matang dan crispy. Besar dan bentuk ukuran keripik tergantung selera anda. Anda bisa menggunakan dua porsi sendok makan untuk satu buah keripik.
8. Tiriskan minyak keripik ikan. Ada baiknya menggunakan mesin peniris minyak yang mampu membuat daya tahan keripik lebih awet, yakni bisa bertahan sampai 4 bulan dalam kemasan plastik.
9. Kemas keripik ikan balita dalam plastik, beri label merek dan upayakan agar bisa kedap udara.
10. Keripik ikan balita (baby fish chips) siap dipasarkan.

Demikianlah cara berwirausaha rumah tangga pembuatan keripik ikan kecil (balita). Keripik ikan ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat, sehingga pangsa pasarnya lebih luas. Apalagi dengan kandungan protein dan kalsium yang tinggi, olahan pangan ini bisa menjadi cemilan favorit keluarga.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait