Tips Sukses Menjalankan Bisnis Klinik Kecantikan

Bisnis di bidang kecantikan merupakan salah satu bidang bisnis yang tetap prospektif dari masa ke masa. Hal ini tidak terlepas dari gaya hidup para wanita yang semakin modern, sehingga senantiasa membutuhkan perawatan kecantikan yang praktis, cepat, serta efektif. Bagi wanita kecantikan merupakan hal yang utama. Oleh karena itu, bukan sesuatu yang aneh bila banyak kaum hawa rela mengeluarkan uang banyak dan memboroskan waktu berjam-jam di salon kecantikan hanya demi menjaga penampilannya supaya tetap cantik dan menawan.

Dalam tahun tahun berikutnya pusat-pusat kecantikan tampaknya akan semakin menjadi tempat yang penting bagi kaum wanita dalam merawat  dan menjaga keindahan fisiknya. Oleh sebab itu, terjun ke bisnis ini adalah cara yang tepat dalam menginvestasikan uang anda. Saat ini, banyak orang yang telah terjun menjalankan bisnis kecantikan, hal ini dapat kita lihat dari semakin ramainya berdiri klinik-klinik kecantikan, khususnya di kota-kota besar.

klinik kecantikanMeskipun terlihat kian sesak dan kompetitif, para pebisnis di dunia healt & beauty menganggap prospektif bisnis ini tetap menjanjikan. Nah, bagi anda yang masih awam atau masih pemula di bidang bisnis klinik kecantikan ini, ada beberapa kiat yang perlu anda lakukan agar mencapai kesuksesan, antara lain:

Memilih Target Pasar yang Sesuai
Sebelum anda memutuskan untuk menjalankan usaha klinik kecantikan tersebut, ada baiknya anda menganailis dan menetapkan pangsa atau segmen pasar yang akan anda utamakan. Sebagai langkah awal, anda bisa menyasar konsumen kelas menengah ke bawah. Namun jika modal anda mencukupi, anda bisa langsung membuka usaha klinik kecantikan untuk segmen kelas atas yang biasanya lebih profitable. Konsekuensinya anda harus menyediakan peralatan kecantikan modern untuk memuaskan pelanggan anda yang umumnya lebih perfeksionis dan pemilih.

Menentukan Lokasi yang Tepat
Untuk bisa menyasar semua segmen, anda wajib memperhatikan tempat dan lokasi klinik anda. Usahakan agar berada di lingkungan yang strategis dan mudah diakses. Luas minimal yang dibutuhkan untuk memuat 15 tempat tidur adalah sekitar 250 meter persegi.

Peralatan dan Sarana
Dalam menjalankan bisnis klinik kecantikan, ketersediaan peralatan dan sarana yang memadai adalah hal yang amat vital. Sebelum membeli peralatan, anda sebaiknya memutuskan layanan apa saja yang akan anda berikan ke konsumen, karena keduanya akan saling berkaitan. Sarana minimal yang disediakan di pusat klinik kecantikan diantaranya: bed (tempat tidur), skin test (alat tes kesehatan kulit), steamer facial, dan lampu facial.

peralatan klinik kecantikan

Membuka klinik sederhana dapat dimulai dengan modal minimal 10 juta rupiah, diluar perhitungan tanah dan bangunan. Sedangkan klinik yang berkonsep modern dengan peralatan canggih dan terbaru, maka membutuhkan investasi ratusan juta rupiah, yang digunakan untuk membeli bed, skin test, mesin infra merah untuk perawatan kulit, facial oxy spa, laser akupuntur, galvanic, lampu cobra, alat mesoterapi pori wajah, laser erbium fractiona, dan sebagainya.

Pelayanan dan Pakar Kecantikan
Dalam menjalankan bisnis ini, pelayanan dan tenaga ahli menjadi hal penting, karena hal tersebut yang menjadi kesan di hati pelanggan. Pekerja profesional seperti dokter spesialis kulit ataupun terapis kecantikan adalah tenaga yang sebaiknya tersedia di pusat klinik sebagai penanggung jawab medis. 

Promosi dan Pemasaran
Dalam pemasaran klinik kecantikan, dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan penyebaran brosur, menjaring pelanggan melalui internet dan jejaring sosial, mengadakan promosi check up gratis, atau promosi lewat mulut ke mulut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait