Peluang Usaha Es Krim Berbahan Temulawak

Temulawak yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan nama Curcuma xanthorrhiza adalah salah satu tanaman obat dari suku temu-temuan (Zingiberaceae). Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah memanfaatkan akar tumbuhan ini sebagai minuman suplemen untuk menjaga vitalitas dan kesehatan tubuh. Banyak perusahaan besar yang menjadikan temulawak sebagai bahan tambahan untuk produk-produk minumannya. Kepopuleran khasiat tanaman herbal ini juga menarik perhatian pemerintah sehingga telah mencanangkan Gerakan Nasional Minum Temulawak (GNMT).

Banyak orang berpendapat bahwa temulawak adalah jantungnya minuman sehat tradisional. Minuman tradisional jamu memberikan banyak manfaat. Kandungan kurkuminoid dan minyak atsiri yang terdapat dalam temulawak berperan mempercepat regenerasi sel-sel hati yang mengalami kerusakan akibat pengaruh racun kimia.

es krim temulawak
Es krim temulawak produksi kelompok mahasiswa UGM
Beberapa khasiat lain yang banyak dirasakan oleh para penikmat minuman temulawak tersebut, antara lain: sebagai antioksidan pencegah kanker, penambah nafsu makan, menormalkan lemak darah dan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, memelihara kesehatan fungsi hati (liver), sebagai antiradang dan nyeri sendi, serta mampu menghambat penggumpalan.

Sering kreativitas kuliner dan baverage, temulawak ternyata juga bisa diolah menjadi produk lain yang enak dikonsumsi, satu diantaranya adalah es krim temulawak. Produk es krim berbahan temulawak diperkenalkan oleh kelompok mahasiswa UGM jurusan farmasi. Ekstrak temulawak dijadikan sebagai bahan tambahan pada es krim sehingga menciptakan sajian minuman yang bercitarasa unik dan menyehatkan. Jika di daerah anda banyak sumber penghasil temu lawak atau banyak tersedia produk serbuk temulawak, maka memproduksi es krim temulawak bisa menjadi celah bisnis yang oke.

Berikut disajikan cara pembuatan ice cream berbahan temulawak:
Untuk membuat es krim ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1/2 kg bubuk temulawak dan 1/2 kg es krim plain (tanpa rasa). Kedua bahan ini dapat kita jumpai di toko ataupun supermarket. Yang pertama dilakukan adalah menyeduh bubuk temulawak dengan air hangat bersama dengan air jeruk nipis, kemudian disaring dengan penyaring halus. Setelah dingin, campur air temulawak tersebut ke dalam es krim, dan selanjutnya dimasukkan ke dalam kemasan (cup) dan simpan kembali di lemari pendingin sebelum dipasarkan.

Bila anda menginginkan produk es krim temulawak 100% buatan anda sendiri, maka anda wajib menyediakan bahan dan tenaga ekstra. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: serbuk temulawak 500gr, susu sapi murni 1 ltr, gula pasir, telur, dan vanili sesuai selera.

Proses pembuatannya:
Susu sapi murni direbus untuk diambil bagian sahne-nya (kepala susunya). Seduh dan saring serbuk temulawak bersama air jeruk nipis. Bahan telur, gula, dan vanili dikocok hingga halus dan merata. Selanjutnya, campur semua bahan dalam sebuah panci, lalu panaskan sambil diaduk-aduk hingga kental merata. Setelah itu tuangkan adonan tersebut pada sebuah wadah, dan setelah agak dingin calon es krim siap dimasukkan ke dalam kulkas. Setiap satu jam setelah anda menyimpan di dalam lemari pendingin, anda harus mengaduk-aduk kembali agar es krim tidak mengkristal. Setelah 3-4 kali pengadukan, bahan es krim tersebut tidak akan lagi mengalami pembekuan (mengkristal), dan siap disantap atau dipasarkan. Demikianlah sekilas cara berwirausaha memproduksi es krim berbahan temulawak. Salam kerja & usaha!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait