Daftar Negara Tujuan bagi Pencari Kerja

Angkatan muda pencari kerja yang berasal dari negara-negara berkembang dan dunia ke 3, seperti Indonesia dan India cenderung memiliki keinginan besar untuk bisa bekerja di luar negeri, khususnya ke negara - negara maju. Ada beberapa alasan yang mendasari keinginan mereka agar bisa bekerja di negara lain, misalnya:  karena tertarik dengan jumlah penghasilan, ingin memperoleh pengalaman kerja baru, mengimplementasikan hasil pendidikannya, hingga rasa prestise.

Menurut survey terbaru yang dilakukan terhadap lebih dari 200.000 orang pencari kerja di jaringan situs perekrutan tenaga kerja Boston Consulting Group, ada sejumlah data menarik yang dapat disajikan terkait motivasi bekerja ke luar negeri dan negara mana saja yang paling banyak diminati.

angkatan kerjaAngkatan kerja di negara Matador (Spanyol) cenderung lebih memilih tetap berada di dalam negeri, meskipun kondisi perekonomian di negaranya melemah. Sementara pekerja dari Swiss lebih cenderung termotivasi bekerja ke luar negeri, meskipun merupakan negara maju dengan standard kehidupan yang amat baik. Alasan mereka ingin bekerja di luar negeri bukan karena faktor ekonomi, tetapi lebih kepada keinginan memperoleh pengalaman hidup dan merasakan kebudayaan yang berbeda.

Yang mengejutkan justru berasal dari angkatan kerja Prancis dan Belanda. Lebih dari 90% dari pencari kerja Perancis dan Belanda yang disurvei mengatakan bahwa mereka akan bersedia untuk pindah bekerja ke luar negeri. Sedangkan, kurang dari separuh angkatan kerja Jerman dan Denmark mau bekerja di luar negeri. Termasuk juga pencari kerja di Amerika Serikat yang hanya 35% bersedia kerja di luar negaranya. Dua puluh persen angkatan kerja Amerika yang berusia 21-30 tahun ingin bekerja di luar negeri, sementara warga muda Jerman hanya 8% yang rela meninggalkan negaranya. Kestabilan perekonimian di negara-negara tersebut membuat warganya enggan untuk pindah bekerja ke negara lain.

Dari survey tersebut diketahui bahwa kekayaan suatu negara tidak menjadi pendorong utama bagi para pencari kerja untuk menuju ke sana, tetapi lebih kepada tren pertumbuhan ekonomi yang sedang berlangsung di negara yang dituju.

Nah, berikut adalah 10 daftar negara dan kota yang menjadi tujuan utama bagi para pencari kerja:

1. Amerika Serikat (42% reaponden)
2. Inggris (37% responden)
3. Kanada (35% responden)
4. Jerman (33% responden)
5. Swiss (29% responden)
6. Prancis (29% responden)
7. Australia (28% responden)
8. Spanyol (26% responden)
9. Italia (25% responden)
10. Swedia (23% responden)

Sepuluh kota tujuan bagi para pencari kerja adalah:
1. London (16% responden)
2. New York (12,2% responden)
3. Paris (8,9% responden)
4. Sydney (5,2% responden)
5. Madrid (5% responden)
6. Berlin (4,6% responden)
7. Barcelona (4,4% responden)
8. Toronto (4,2% responden)
9. Singapura (3,9% responden)
10. Roma (3,5% responden )

Demikianlah daftar negara terfavorit yang menjadi tujuan utama bagi para pencari kerja. Salam kerja & usaha!!! (referensi: qz.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait