Cara Membangun Bisnis Unik dan Spesifik

Keunikan merupakan magnet yang kuat dalam menarik perhatian. Dalam berbisnis, hal-hal unik menjadi elemen penting sebagai pemikat minat para pelanggan. Oleh sebab itu, menawarkan hal unik pada bisnis anda adalah salah satu cara tercepat dalam menjadikan usaha anda mencapai target yang diinginkan. Keunikan tersebut menjadi pembeda dalam mengatasi persaingan bisnis. Namum, untuk menghadirkan sesuatu yang unik bukanlah perkara mudah. Anda harus memiliki daya pikir yang inovatif dan kreatif.

Jika bisnis saya harus unik, maka dari sisi mana saja hal-hal unik tersebut ditawarkan kepada para calon pelanggan? Jawabannya kurang lebih ada lima pilihan, yaitu:

bisnis unik1. Anda unik karena jenis konsumen yang anda layani
Bisnis anda bisa dibilang unik jika menyasar pada target konsumen yang lebih spesifik, mungkin menyangkut tentang umur, jenis kelamin, golongan, demografi, atau jenis kelompok konsumen tertentu. Dengan hanya menyasar pada target konsumen tertentu, maka bisnis anda akan mempunyai pangsa pasar tersendiri dan lebih sedikit menghadapi kompetisi. Misalnya bisnis jasa relationship yang ditawarkan oleh 50plusconnects.com yang diperuntukkan kepada orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.

2. Anda unik karena produk yang anda jual
Banyak pengusaha yang mampu mencapai prestasi bisnis yang luar biasa karena mampu menciptakan produk inovatif dan berbeda dari para pesaingnya. Oleh karena itu, membuat dan menawarkan produk yang berbeda dari yang lain adalah cara terefektif agar cepat laku.

3. Anda unik karena miliki sesuatu yang tidak biasa
Ada berbagai sudut (angle) yang bisa anda manfaatkan agar bisnis anda terlihat berbeda dari yang lainnya. Misal track record perusahaan anda, hasil berkualitas, pengalaman bisnis perusahaan anda, proses pembayaran yang berbeda, dan sebagainya. Aspek-aspek yang berbeda dan spesifik tersebut harus anda manfaatkan dalam kampanye iklan bisnis anda, sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen.

4. Anda unik karena garansi yang ditawarkan
Garansi, entah itu berupa garansi waktu ataupun jaminan produk juga menjadi hal yang diperhatikan konsumen dalam memilih sebuah produk. Dalam mempromosikan produk usaha, anda wajib menjanjikan penalti atau konsekuensi jika anda tidak menepati garansi tersebut. Misalnya mengembalikan uang konsumen, mengganti produk, maupun pelayanan services tertentu. Sakah satu contoh frasa iklan yang efektif adalah: jaminan 100% uang kembali.

5. Anda unik karena cara yang anda lakukan berbeda
Metode ataupun cara yang anda gunakan bisa menjadi hal yang menarik bagi para calon pelanggan anda. Metode atau pun cara tersebut harus memberikan kemudahan bagi konsumen anda. Metode atau cara tersebut bisa menyangkut masalah prosedur pembayaran yang lebih efesien, bisa juga mengenai cara pengiriman barang,  atau juga terkait cara pelayanan konsumen yang lebih interaktif. Dengan menyediakan cara yang berbeda, maka bisnis anda dapat dikatakan bisnis yang unik dan berpeluang menarik banyak pelanggan.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait