5 Hal Tidak Boleh Dilakukan dalam Merintis Usaha

Mungkin anda pernah melihat usaha atau bisnis seseorang berjalan begitu saja dan tumbuh menjadi besar. Namun tahukah anda, tak sedikit orang yang telah berusaha berulang kali kemudian jatuh bangun atau bisnisnya hanya jalan di tempat. Kondisi tersebut harus dihadapi dengan mental dan jiwa enterpreneur yang kuat agar usaha atau bisnis yang dibangun tersebut dapat bertahan dan menjadi besar.

Sebagai wirausahawan ataupun wirausahawati yang memiliki bisnis kecil-kecilan ada beberapa hal sederhana yang tidak boleh dilakukan, antara lain:

merintis usaha
1. Tidak Mengembangkan Ide Lain dalam Membangun Bisnis
Ide yang kreatif dan inovatif merupakan hal yang amat penting dalam kewirausahaan. Bagi para pelaku usaha kecil, ide-ide tersebut akan menjadi senjata dalam kompetisi melawan para pebisnis besar. Oleh karena itu, para wirausahawan atau wirausahawati sebaiknya jangan hanya terpasung pada satu ide saja dalam waktu yang terlalu lama. Kembangkan imajinasi anda untuk menciptakan kreasi-kreasi baru dimana hal tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi bisnis anda.

2. Melakukan Pemasaran yang Tidak Terencana
Dalam hal pemasaran, ada beragam cara dan metode yang bisa anda terapkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan budget rendah dan bahkan juga bisa gratis. Melakukan pemasaran yang tidak terencana, efisien dan efektif hanya akan membawa keterpurukan pada usaha yang anda lakukan. Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk membuat dan memiliki rencana pemasaran yang terperinci.

3. Tidak Mengenali dan Memahami Konsumen
Selera dan harapan konsumen akan selalu berjalan dinamis dan fluktuatif tergantung era dan perubahan zaman yang sedang berlaku. Jika anda tidak betul-betul mengenali dan memahami apa keinginan konsumen anda, maka dipastikan bisnis anda akan mengalami kemunduran dan disalip oleh para kompetitor lain yang pastinya akan melakukan beragam inovasi. Oleh sebab itu, anda wajib memahami konsumen anda terkait apa yang mereka kehendaki saat ini dan harapan mereka di masa depan, kemudian bagaimana pola pembeliannya, dan seperti apa produk yang tepat buat mereka.

4. Mengabaikan Posisi Finansial 
Dalam pendirian dan pengenalan produk dan brand bisnis kepada para konsumen, mungkin akan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sepanjang masa tersebut, tentu anda akan membutuhkan banyak uang dalam menopang bisnis anda. Oleh sebab itu, jika tidak mencermati kondisi keuangan anda dalam membangun bisnis kecil anda, maka hanya akan membawa anda pada kondisi keterpurukan dan keputus asaan secara cepat.

5. Tidak Memperdulikan Para Karyawan
Terdapat banyak tantangan dan hambatan yang akan ditemui seorang wirausaha, salah satunya adalah terkait dengan para karyawan. Memotivasi, membimbing dan mengatur staf merupakan sedikit dari segudang tantangan yang wajib ditaklukkan para pengusaha. Pegawai yang terabaikan dan tidak anda perhatikan dapat menjadi boomerang bagi bisnis anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait