5 Cara Unik Menghasilkan Rupiah

Bisnis maupun pekerjaan yang sifatnya unik menjadi salah satu daya tarik dalam dunia ekonomi. Jika sebelumnya telah anda baca mengenai cara kreatif orang Amerika dalam mengumpulkan dolar, maka pada kali ini kita akan menengok kreatififas beberapa orang di Indonesia dalam menghasilkan uang. Di tengah sempitnya lahan pekerjaan yang tersedia, kelompok maupun individu di Nusantara ini punya cara tersendiri dalam memanfaatkan celah agar bisa membuat kantong saku tetap berisi. Dan inilah lima cara kreatif dalam menghasilkan uang versi orang Indonesia:

1. Menjadi Ojek Payung
ojek payung
Jasa ojek payung dapat kita jumpai di beberapa negara berkembang, termasuk di Indonesia. Para pelakunya adalah anak-anak. Mereka menawarkan jasa saat musim penghujan, khususnya di kawasan perkantoran dan pusat bisnis. Para pegawai yang tidak ingin kehujanan saat menuju ke tempat parkir atau pun berjalan menuju ke suatu tempat di luar kantor, maka mereka membutuhkan jasa antar dengan payung yang disebut ojek payung. Ini merupakan salah satu cara unik dalam mendatangkan pundi-pundi rupiah.

2. Menjadi Joki 3 in 1
Mungkin profesi ini cuma ada di Indonesia, khususnya di Jakarta. Profesi sebagai Joki Three in One muncul berkat lahirnya Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Salah satu poin yang penting dalam Perda tersebut adalah aturan terkait dengan kendaraan roda 4 (empat) yang dilarang memasuki kawasan tertentu dengan penumpang kurang dari 3 (tiga) orang pada jam-jam yang ditetapkan. Peraturan ini dibuat untuk menekan jumlah lalu lalang kendaraan-kendaraan pribadi di jam-jam sibuk sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan. Bagi para pemilik mobil pribadi yang sudah berkantong tebal, tentu mereka akan lebih memilih mengeluarkan duit banyak daripada harus naik bis yang berdesakan dan panas.

Nah, kondisi inilah yang akhirnya melahirkan ladang pekerjaan sebagai "joki tri in wan". Para joki cukup berdiri di pinggir jalan sambil mengacungkan jari jempolnya atau melambai-lambaikan tiga jari tangannya sebagai penanda bahwa ia tengah menawarkan jasa menjadi penumpang pelengkap 3 orang di dalam mobil. Sungguh suatu pekerjaan yang amat santai dan menyenangkan, karena bisa sering naik mobil mewah, bisa berkenalan dengan orang-orang tajir, dan penghasilan yang diperoleh bisa setara dengan gaji PNS golongan II. Beberapa orang mengistilahkan pekerjaan ini dengan OO-DD alias "Ongkang-ongkang Dapat Duit".

3. Menjadi Penonton Alay
Cara unik yang juga sering dilakoni beberapa warga dalam mengais rejeki adalah dengan menjadi penonton bayaran atau istilah gaulnya penonton alay. Sama halnya seperti profesi "joki three in one", pekerjaan sebagai penonton bayaran juga merupakan salah satu cara menghasilkan uang yang paling menyenangkan. Seorang broker atau koordinator akan mengkoordinasi dan mengatur sejumlah orang untuk datang ke salah satu stasiun televisi untuk memeriahkan sebuah acara televisi, seperti acara konser musik, kuis, live show, dan sebagainya. Mereka harus mengikuti segala macam perintah yang diberikan oleh pengatur acara, misalnya bersorak, bertepuk tangan, berjoget heboh, dan sebagainya.

Ada banyak hal menguntungkan yang bisa didapatkan oleh para penonton bayaran ini. Selain memperoleh upah sekitar Rp 30.000 - 50.000 per sekali datang, mereka juga bisa menyaksikan secara langsung artis-artis kesayangannya, bisa tampil di tv, dan bahkan ada yang sukses menjadi artis dadakan, seperti Ely Sugigi. Mengapa tim kreatif di stasiun televisi membutuhkan para penonton bayaran? Pertama agar membuat kesan bahwa acara show tv tersebut diminati penonton, yang kedua agar acara tv tersebut lebih meriah, dan ketiga adalah untuk memudahkan mengatur penonton serta menghindari kehadiran penonton yang melebihi kapasitas studio. Sehingga acara televisi tersebut bisa terlaksana sesuai dengan rencana.

4. Menjadi Massa Demonstran Bayaran
Jika anda membaca artikel tentang 5 macam bisnis aneh yang muncul saat pemilu, anda akan tahu bahwa seseorang bisa memperoleh sejumlah uang jika mau ikut berdemonstrasi menyampaikan suatu aspirasi. Jika anda menyaksikan kerumunan demonstrans ibu-ibu menggendong bayinya dan berunjuk rasa masalah politik, anda boleh curiga motif mereka berunjuk rasa. Di Indonesia, pada umumnya orang awam mau berunjuk rasa dari hati nuraninya jika menyangkut masalah agama dan penggusuran saja, selebihnya masih mengandung tanda tanya? Saat menjadi bagian dari rombongan demonstran, anda akan diatur oleh koordinator lapangan. Tidak seperti profesi joki 3 in 1 dan penonton alay yang penuh dengan rasa menyenangkan, menjadi demonstran bayaran acap kali harus terlibat bentrok dengan pihak keamanan atau bahkan adu jotos dengan massa tandingan.

5. Pawang Hujan
Cara unik lain yang dilakukan oleh beberapa orang di Indonesia adalah dengan menjadi penakluk hujan. Para pawang hujan akan banyak mendapat orderan di masim hujan ketika ada acara hajatan, seperti resepsi pernikahan. Dengan menggunakan kekuatan spiritual, pawang hujan diminta untuk menghalau atau mengurangi intensitas turunnya hujan ketika moment-moment penting berlangsung. Karena kekuatan yang terbatas, tentu mereka tidak bisa untuk menjadi pawang hujan bagi kota Jakarta yang sering diserbu banjir.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait