10 Fasilitas yang Wajib Dimiliki oleh Agen Gas Elpiji

Menjadi Agen Gas Elpiji Pertamina merupakan peluang bisnis yang cukup prospektif. Hal ini berdasarkan pertumbuhan jumlah pengguna gas elpiji yang terus meningkat,  khususnya untuk kebutuhan rumah tangga dan para pelaku UKM. Namun, untuk menjadi bagian dari mitra bisnis Pertamina, yakni sebagai agen gas elpiji, ternyata harus memenuhi persyaratan yang cukup ketat. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi terjadinya risiko fatal karena kelalaian atau ketidak standaran operasional yang dilakukan oleh pihak agen.

Salah satu unsur persyaratan yang wajib terpenuhi bila ingin menjadi agen gas elpiji adalah kelengkapan tempat dan prasarana usaha. Ada 10 macam fasilitas standar yang wajib dimiliki oleh calon agen gas lpg, yakni:

agen gas elpiji1. Showroom
Showroom yang dimaksud adalah sebuah toko permanen tempat anda memajang produk gas elpiji. Dengan showroom tersebut, masyarakat sekitar akan mudah tahu bahwa tempat anda adalah pangkalan agen gas elpiji.

2. Gudang
Gudang ini adalah tempat untuk menyimpan dan bongkar muat tabung gas elpiji. Syarat gudang yang standar adalah minimal seluas 400 m2 yang dibangun dari bahan yang tidak mudah terbakar.

3. Papan Nama Perusahaan
Papan atau plang nama merupakan penanda awal bahwa tempat anda adalah agen gas lpg. Papan nama dibuat dengan ukuran sesuai standar yang berlaku dan ditulis secara jelas, mencakup nama agen, alamat serta nomor izin usaha.

4. Menyediakan APAR
APAR atau alat pemadam api ringan adalah sebuah tabung kecil yang berfungsi sebagai perlindungan awal dari kebakaran aktif. Harga sebuah APAR bervariasi, tergantung kapasitas dan merek produk, mulai dari 400 ribuan hingga di atas dua jutaan rupiah. Setiap agen elpiji harus menyediakan beberpa buah APAR di gudang penyimpanan maupun di truk pengangkut.

5. Timbangan 
Timbangan yang digunakan adalah timbangan 25 kg yang dipakai untuk mengukur dan menakar ketepatan isi tabung gas.

6. Gas Detector
Gas detector adalah alat untuk mendeteksi kebocoran gas. Ketika ada gas lpg yang bocor dari sebuah tabung, maka terdengar alarm atau lampu berkedip-kedip sehingga orang akan lebih cepat mengambil tindakan. Harga sebuah gas detector yang bisa anda gunakan dalam bisnis keagenan lpg adalah sekitar Rp. 500.000,-

7. Papan Larangan Merokok
"Dilarang Merokok di Area Ini" mungkin itu contoh kalimat yang bisa anda cantumkan pada papan peringatan di tempat usaha anda.

8. Pakaian Kerja
Para pekerja wajib mengenakan pakaian standar yang mencirikan mereka sebagai pekerja dari agen gas elpiji.

9. Plastic Wrap
Plastic wrap adalah alat untuk memberi segel plastik pada mulut tabung gas lpg. Segel plastik tersebutlah yang pertama kali harus dibuka oleh konsumen saat memasang tabung gas ke selang kompor.

10. Armada Angkutan
Untuk melakukan pengambilan dan pengiriman stock gas elpiji ke konsumen ataupun ke stasiun pengisian, para agen wajib memiliki sarana transportasi yaitu minimal berupa 1 unit truck dan 1 unit mobil pick up.

Demikianlah deskripsi tentang sepuluh sarana prasaran yang wajib disediakan oleh calon agen gas elpiji agar dapat lolos dari peninjauan persyaratan usaha keagenan elpiji. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait