Tips Keamanan Ponsel untuk Pebisnis Kecil

Pada umumnya,  para pelaku usaha kelas kecil menengah tidak memiliki manajer IT maupun administrator keamanan khusus. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa data - data bisnis yang tersimpan dalam gadget, khususnya dalam smartphone anda terlindungi dari orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Smartphone memberi banyak manfaat dalam kehidupan sehari - hari, termasuk untuk urusan bisnis. Ponsel pintar dapat membuat anda sebagai pelaku bisnis dapat terus terkoneksi dengan para pegawai maupun para pelanggan anda. 

Dengan beragam aplikasi yang terinstal di dalamnya, anda akan dengan mudah mengakses data-data bisnis anda di mana saja. Namun, data digital biasanya sangat rentan tingkat keamanannya.

password ponsel bisnis
Kemudahan mengakses juga sebanding dengan risikonya. Coba anda bayangkan bila smartphone yang berisi beragam file pribadi dan data bisnis penting tersebut hilang atau dicuri orang. Tentu hal itu semakin memperbesar resiko buruk yang akan anda hadapi. Maka dari itu, adalah amat penting memastikan bahwa ponsel anda maupun perangkat mobile lainnya terlindungi dari akses orang lain yang tidak bertanggung jawab. Lalu, apa saja tindakan yang mesti dilakukan untuk mencegah maupun mengurangi tingkat resiko kejadian tersebut? Inilah beberapa kiat yang bisa anda lakukan:

1. Pastikan Akses Ponsel Anda Terlindungi Password
Ini adalah langkah dasar untuk menjaga keamanan data-data anda. Memang mengetikkan kata sandi saat membuka smartphone maupun gadget lainnya membuat kita harus melakukan dua kali kerja, tapi hal ini sangat penting guna melindungi data anda. Jika anda ingin proteksi ekstra, saat ini telah ada beragam merek ponsel yang terlindungi dengan sidik jari pengguna, seperti iPhone, LG, dan Samsung Galaxy sehingga lebih praktis dan aman.

Jika perusahaan anda menggunakan data bersama yang dapat diakses oleh beberapa karyawan anda, maka pastikan bahwa mereka juga telah menerapkan hal serupa pada perangkat mobilenya (ponsel, laptop maupun komputer tablet).

2. Lakukan Praktik Penerapan Password yang Bagus
Setiap perangkat dan aplikasi tentu menyediakan penggunaan password. Oleh karena itu, ada baiknya anda menggunakan aneka password yang berbeda untuk masing-masing perangkat maupun aplikasi. Misal password ponsel berbeda dengan password aplikasi keuangan. Dalam penerapan password tersebut, anda sebaiknya mengikuti tips ini:

a). Gunakan password yang berbeda-beda untuk masing-masing aplikasi. Password yang sama akan lebih rentan, karena sekali anda diretas maka semua data yang ada di berbagai aplikasi akan mudah diakses.  

b). Pastikan anda menggunakan kata sandi dengan perpaduan karakter yang klompeks atau rumit, misal perpaduan huruf, angka, dan karakter lain yang diizinkan. Hindari penggunaan kata sandi yang pendek dan mudah ditebak (misal memakai nama atau tanggal lahir pribadi).

3. Set Up Perangkat Anda agar Bisa Dikontrol Jarak Jauh
Saat ini, beragam smartphone seperti android dan iOS telah menyediakan fasilitas pelacakan ketika ponsel hilang atau mengendalikannya secara jarak jauh, sehingga bisa dikunci agar data-data yang tersimpan tidak mampu diakses orang lain. Oleh sebab itu, anda harus mengaktifkan fitur ini.

4. Pastikan Anda Telah Menghapus atau Memindahkan Data Anda 
Saat anda telah bosan atau ingin mengganti smartphone anda dengan model terbaru, maka pastikan anda telah menghapus atau memindahkan semua data anda sebelum smartphone tersebut dijual atau diberikan ke salah satu keluarga anda. Ada baiknya settingan ponsel anda dikembalikan ke format pabrik. Demikianlah sekilas tentang tips-tips melindungi aspek security bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait