Satu Cara Ampuh Menjaga Motivasi Berbisnis

Kesuksesan yang dicapai ternyata tergantung pada sejauh mana anda tetap termotivasi. Menurut pendapat Merriam-Webster, motivasi adalah sebuah energi pendorong yang mampu memengaruhi pikiran dan fisik untuk melakukan sesuatu. Dalam perjalanan hidup ini (termasuk dalam irusan bisnis), motivasi menjadi penggerak diri agar mampu mencapai tujuan. Nah, pertanyaannya adalah, kira-kira apa yang paling membuat anda termotivasi??? Bila anda bekerja pada suatu perusahaan, apakah tekanan dari Bos anda yang memotivasi anda?

motivasi bisnis
Bagi anda yang berwirausaha mandiri, apakah tekanan dari para pelanggan anda yang memotivasi anda? Ataukah anda adalah orang yang termasuk beruntung karena termotivasi oleh diri sendiri? Apa pun hal itu, yang terpenting adalah anda harus menyadari bahwa semua orang pasti termotivasi oleh suatu hal. Jika tidak,  maka akan sangat sulit untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu, menumbuhkan dan menjaga agar rasa motivasi tersebut tetap melekat di dalam diri merupakan jalan menuju kesuksesan.

Lalu, bagaimana cara membangkitkan motivasi diri dalam berbisnis dan menjaganya agar tetap eksis? Mungkin langkah mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan adalah dengan bantuan Kuadran Harapan (the goals quadrant). Beginilah cara kerjanya:

Ambilah selembar kertas, kemudian gambar sebuah persegi (kotak). Bagi persegi tersebut menjadi 4 bagian. Pada kotak kiri atas tulislah tujuan utama anda (misal target bisnis 1 tahun). Pada kotak di sebelahnya atau kotak kanan atas tulislah target atau tujuan jangka pendek anda yang menjadi indikator pencapaian target utama (misal target penjualan bulanan).

Selanjutnya pada kotak kiri bawah isilah dengan sasaran target yang harus anda capai untuk memenuhi target pada kotak kuadran yang ke dua tadi (misal target pemasaran mingguan). Dan yang terakhir adalah kotak kanan bawah yang berisi target dan tugas yang harus anda lakukan hari ini atau pada interval hari tertentu. Untuk lebih memahaminya, anda bisa melihat gambar contoh kuadran sasaran berikut ini:

motivasi kerja

Tentu masing-masing personal memiliki target dengan interval waktu yang berbeda-beda. Namun pada prinsipnya, cara kerjanya adalah sama. Jika kita amati keempat kotak (daerah kuadran) tersebut, maka langkah-langkah yang kita tempuh membentuk huruf Z. Mulai dari kotak kanan bawah menuju area di depannya (kotak kiri bawah), lalu naik ke kuadran kanan atas, dan akhirnya maju menuju kuadran utama (kotak kiri atas).

Filosofi huruf Z dalam kuadran ini mengajarkan kita agar tetap termotivasi melangkah ke depan untuk mencapai peningkatan (naik ke atas). Anda sebaiknya merefleksi ulang tujuan harian anda setiap hari, khususnya di pagi hari agar mampu menjaga dan menyegarkan motivasi dalam diri. Ingat, kekuatan motivasi diri itu cepat sekali luntur dan layu, jadi perlu disegarkan setiap hari, seperti menyegarkan badan dengan mandi. Demikian sekilas tentang cara simpel menjaga motivasi diri dalam bekerja dan berwirausaha. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait