5 Fakta Menarik Seputar Data Miliarder Dunia

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Wealth-X and UBS Billionaire Census 2014 (perusahaan riset yang meneliti kekayaan dunia), diketahui bahwa jumlah orang yang masuk dalam golongan milioner telah mengalami peningkatan sekitar 7% dari Juli 2013 ke Juni 2014. Hal tersebut berarti bahwa saat ini ada sekitar 2.325 orang yang memiliki aset kekayaan di atas 1 miliar dolar Amerika.

Jika dihitung lebih lanjut, gabungan aset kekayaan dari para miliarder dunia mencapai $7,3 triliun atau meningkat sebesar 12% dari periode sebelumnya. Hal ini berarti bahwa 4% total kekayaan dunia dikontrol dan dikuasai oleh para miliarder. Perbandingan jumlah milioner dengan jumlah penduduk yang bukan milioner adalah 1 : 3 juta. Mengutip dari laporan tersebut, dapat diuraikan beberapa fakta menarik tentang data Miliarder dunia, lima diantaranya adalah:

sensus orang kaya
1. Seberapa Besar Kekayaan Mereka
Ada dua kategori milarder, yakni billioner dan uber-billioner (contohnya Waren Buffet). Jumlah kategori pertama sebanyak 56% yang memiliki kekayaan antara 1-2 miliar dolar. Sementara miliarder yang memiliki kekayaan bersih antara 2-5 miliar dolar ada sebanyak 31%. Kemudian ada sekitar 5% milioner yang memiliki kekayaan lebih dari 10 miliar dolar atau lebih dari 110 triliun rupiah.

2. Lima Top Bisnis para Miliarder
Apa saja bidang bisnis yang paling banyak digeluti oleh para miliarder dunia? Ada 5 macam bidang bisnis dan industri yang paling banyak mereka miliki,  yakni: bisnis keuangan dan perbankan, industri konglomerat (misal energi), properti atau real estate, bisnis non-profit dan organisasi sosial, serta yang kelima adalah kelompok bisnis tekstil, apparel, dan barang mewah. Dari beragam bidang bisnis yang mereka jalankan, sebanyak 63% merupakan perusahaan privat, 31% adalah perusahaan publik, dan sisanya berbentuk lainnya.

3. Perseberan Miliarder di Berbagai Negara
Lima negara yang memiliki jumlah miliarder terbanyak adalah Amerika Serikat (515 orang), China (157 orang), Jerman (148 orang), Inggris (135 orang), dan Rusia (108 orang). Sementara persebaran miliarder di berbagai negara berdasarkan perbandingan per kapita penduduknya adalah: Liechtenstein, Bermuda, Luxembourg, Hongkong, dan Switzerland.

4. Sepuluh Universitas Penghasil Miliarder
universitas orang kaya
Universitas manakah yang paling banyak menghasilkan lulusan yang kini menjadi milioner? Ternyata yang paling banyak adalah Universitas Pennsylvania (US) dengan total alumni yang menjadi miliarder sebanyak 25 orang. Diikuti oleh Harvard University (22 orang), Yale University (20 orang), University of Southern California (16 orang), Princeton University (14 orang), Cornell University (14 orang), Stanford University (14 orang), U.C Berkeley (12 orang), University of Mumbai - India (12 orang), dan London School of Economics and Political Science (11 orang).

5. Dari Manakah Mereka Mendapatkan Kekayaan
Mungkin anda berharap agar suatu saat dapat bergabung dalam kelompok miliarder dunia. Lalu, bagaimanakah caranya? Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah jalan yang harus ditempuh. Dari 2.325 orang yang termasuk miliarder, ternyata 1.273 orang (55%) memperoleh kekayaan atas usahanya sendiri. Sekitar 20% menjadi miliarder semata-mata karena warisan. Sementara sisanya menjadi milioner karena warisan dan usahanya sendiri. Demikianlah sekilas informasi tentang fakta miliarder, semoga menambah wawasan Kewirausahaan anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait