10 Pertanyaan Dasar Sebelum Jadi Entrepreneur

Kewirausahaan merupakan langkah terbaik untuk bisa hidup mandiri dan meraih peningkatan finansial. Menjadi seorang pengusaha tidaklah segampang menjadi pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan. Anda harus melakukan kerja ekstra dan lebih kreatif. Ada banyak tantangan dan hambatan yang mesti anda taklukkan. Bahkan dalam artikel yang diuraikan sebelumnya telah dijelaskan tiga hal tersulit yang harus dilakukan agar bisa menjadi seorang pebisnis sukses (kaya).

Sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha mandiri,  maka ada baiknya anda memahami dan menjawab 10 pertanyaan dasar seputar entrepreneurial. Pertanyaan - pertanyaan pokok ini akan mampu mencerminkan sejauh mana jiwa kewirausahaan anda. Apa sajakah kesepuluh pertanyaan tersebut? Yuk, kita simak...

jiwa bisnis
1. Apakah anda seorang yang suka tantangan dan selalu bergairah dalam melakukan penelitian untuk memecahkan masalah dan tantangan tersebut?

2. Apakah anda lebih suka mandiri dan tidak ingin dikontrol orang lain?

3. Dapatkah anda berkomitmen dengan ide, prinsip, rencana, dan produk yang anda ciptakan?

4. Apakah anda bersedia untuk hidup sederhana dan lebih berhemat ketika mulai membangun bisnis anda?

5. Apakah anda memiliki kepercayaan diri yang mantap tentang pribadi dan mimpi / obsesi anda?

6. Apakah anda tahan banting terhadap rasa sinis dan kritikan negatif yang datang dari orang lain ketika anda memulai bisnis anda?

7. Apakah anda mampu mengidentifikasi kekurangan diri anda serta mampu mencari partner atau pekerja yang mampu menutupi kekurangan tersebut?

8. Apakah anda memahami mengapa anda harus memulai bisnis secara mandiri dan telah memiliki patokan tentang makna kesuksesan?

9. Dapatkah anda menerima situasi dimana ekspetasi bisnis yang anda bangun tidak sesuai dengan harapan?

10. Apakah anda menyadari, meskipun anda mengelola sendiri bisnis tersebut,  anda masih harus melaporkannya ke pihak lain? Misal ke partner bisnis, pihak pemerintah, investor, ke para pekerja anda, atau juga ke keluarga.

Jika semua pertanyaan di atas anda jawab dengan kata "Ya", maka selamat..., anda adalah calon entrepreneur sejati yang berpeluang besar meraih kesuksesan!

Demikianlah 10 pertanyaan mendasar tentang entrepreneurship. Daftar pertanyaan tersebut diambil dari buku "Investing for Dummies" karya Eric Tyson. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait