10 Langkah Memulai Beriklan di Google Adwords

Iklan di media online telah menjadi cara yang cukup efektif dalam mengkampanyekan bisnis anda. Ada banyak jaringan periklanan yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk, meningkatkan omset penjualan, dan memperkuat brand usaha anda. Salah satu ad network yang banyak digunakan untuk media advertising tersebut adalah melalui Google Adwords. 

Beriklan secara online di jaringan advertising milik Google ini sangat diminati oleh para pebisnis di seluruh dunia. Hal ini tidak terlepas dari beragam keunggulan yang ditawarkan kepada para advertiser, misalnya saja soft tools yang canggih dan akurat sehingga beriklan di Google Adwords menjadi lebih efektif. Nah, jika anda berencana mengiklankan produk bisnis anda di jaringan Google Adwords, anda bisa melakukannya dengan 10 langkah mudah, seperti yang diuraikan berikut ini:

iklan google adwords
1. Kunjungi halaman website Google Adwords pada https://adwords.google.com, lalu lihat tombol “Get started now” dan bersiaplah untuk daftar (sign up) akun Google Adwords. Anda harus memiliki email sebagai sarana masuk (sign in) dan berkomunikasi dengan Google Adwords. Setelah anda berhasil log in, klik tombol “Create your first campaign”.

2. Langkah kedua adalah memilih jenis atau tipe kampanye anda dan membuat nama kampanye periklanan anda. Sebagai langkah permulaan, pilihlah opsi "Search Network only”.

3. Pilihlah area target periklanan anda. Sesuaikan dengan target lokasi pasar yang anda sasar, apakah skala global, nasional,  atau khusus daerah tertentu. Dengan layanan ini, iklan anda hanya akan muncul di wilayah-wilayah tertentu saja, sehingga lebih efektif. Klik “Let me choose ...” dan sesuaikan dengan pilihan target lokasi periklanan anda.

4. Tahap selanjutnya adalah memilih "bid strategy" dan atur anggaran harian anda. Ubahlah pilihan default "Bid Strategy" menjadi “I’ll manually set my bids for clicks.” Hal ini akan memberikan anda keluwesan dalam menentukan jumlah tawaran anggaran harian anda.

5. Sebagai langkah permulaan, abaikan saja "Ekstensi Iklan". Fitur ini sebenarnya merupakan bagian penting dari kampanye iklan anda, tetapi lupakan ini dulu dan tambahkan kemudian setelah Anda selesai melakukan sepuluh langkah ini. Klik "Simpan dan lanjutkan."

6. Buat grup iklan pertama anda. Tulislah kata kunci yang sesuai dengan bisnis anda. Empat baris harus anda isi, yaitu baris pertama 25 karakter huruf dan angka (judul utama), baris kedua dan ketiga 35 karakter (rincian iklan), dan baris ke empat adalah alamat website anda.

7. Masukkan kata kunci yang cocok di dalam akun adwords anda. Sesuaikan dengan produk bisnis anda.

8. Set atau atur biaya maksimum per klik untuk iklan anda. Setiap kata kunci biasanya memiliki pasar yang berbeda, sehingga anda secara individual dapat menentukan biaya yang berbeda-beda untuk anggaran setiap kata kunci iklan anda.

9. Periksa kembali semuanya, sebelum anda menetapkan iklan anda. Pikirkan lagi apakah kata kunci iklan anda telah sesuai dengan target pasar yang anda harapkan. Demikian pula jumlah budget yang dianggarkan pada iklan anda. Cek kembali!!!

10. Jika semuanya telah "sip..", maka langkah terakhir adalah memasukkan informasi penagihan (rekening) anda untuk media pembayaran iklan adwords anda. Demikian sekilas deskripsi cara beriklan di Google Adwords. Salam kerja dan usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait