10 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Introvert adalah orang yang lebih suka dengan kesendirian. Mereka akan lebih produktif jika berada di lingkungan yang sepi. Sementara jika ia dihadapkan dengan interaksi yang intens dengan banyak orang, maka ia cenderung kurang berkembang. Oleh sebab itu sebagai pimpinan perusahaan, anda harus berusaha mengenal karakter para pekerja anda (apakah termasuk introverts atau ekstroverts) sehingga anda bisa menempatkan mereka pada posisi job yang lebih tepat. Bagaimanakah caranya menentukan karakter seorang pekerja anda termasuk introvert atau ekstrovert? Bisa dengan mengajukan sebuah pertanyaan sederhana yang anda lontarkan saat tes wawancara kerja. Contohnya ada di link ini >> Daftar pertanyaan selektif dalam tes wawancara kerja.

Sementara itu, meskipun anda bukanlah seorang pimpinan atau manajer perusahaan, anda juga sebaiknya perlu menyadari karakrer diri anda (introvert/ekstrovert). Dengan demikian, anda akan lebih mudah memilih profesi yang cocok dengan karakter anda. Dan berikut disajikan 10 pekerjaan yang cocok bagi orang yang bersifat introvert:

orang introvert1. Paralegal
Paralegal adalah profesi yang berkaitan dengan hukum. Biasanya bekerja pada sebuah perusahaan untuk mengurus masalah bidang hukum dan peraturan. Tidak seperti pengacara yang melakukan banyak interaksi dengan orang lain, paralegal cenderung bekerja di belakang layar mempersiapkan dokumen, melakukan penelitian atau strategi yang berkaitan dengan bidang hukum.

2. Teknisi Rekam Medis
Para pekerja kesehatan yang bertugas merekam kesehatan pasien lebih sering berinteraksi dengan perangkat teknisnya, mengelola data pada kertas dan sistem elektronik, mengkategorikan kesehatan pasien, serta menyimpan catatan media tersebut.

3. Programer Komputer
Apakah anda ingin menghabiskan waktu seharian anda di depan layar komputer dengan berbagai macam kode bahasa pemrograman? Computer Programmer adalah jawabannya.  Profesi ini cocok dilakoni oleh orang-orang introvert.

4. Sopir Truk Ekspedisi
Profesi sebagai driver, khususnya untuk truk yang mengangkut barang kiriman jarak jauh juga cocok bagi para introvert. Bepergian jauh yang hanya ditemani oleh satu - dua orang penumpang dapat membuat ia menyukai pekerjaan ini. Namun, tantangan terbesarnya adalah harus sering jauh dari keluarga.

5. Laboran
Bekerja di laboratorium memerlukan ketelitian dan konsentrasi tinggi. Anda akan senantiasa berhubungan dengan peralatan lab dan data-data penelitian.

6. Desainer Grafis
Ahli desainer memerlukan tempat dan suasana yang sepi untuk melahirkan ide-ide cemerlang dan menuangkannya pada produk nyata. Para introvert akan lebih cocok bekerja di bidang ahli desain.

7. Penulis
Bekerja sebagai penulis juga cocok bagi para introvert. Apalgi jika menulis yang terkait dengan hal-hal teknis, misalnya penulis panduan perangkat lunak.

8. Akuntan
Seorang akuntan memerlukan situasi yang tenang dalam mengerjakan tugas-tugas pelaporan finansialnya. Akutansi berkaitan dengan angka-angka, sehingga orang introvert senang bekerja sebagai akuntan dalam suasana sedikit orang.

9. Analis Riset Pasar
Profesi yang selalu berfokus dengan data-data ini membutuhkan kecermatan dalam mengumpulkan dan menganalisa beragam informasi terkait kondisi market dan menentukan potensi penjualan untuk produk atau jasa. Dalam kinerjanya, anda mungkin harus mempersiapkan bahan presentasi kepada para eksekutif perusahaan.

10. Penterjemah Bahasa (Translator)
Jika anda pandai dalam satu atau beberapa bahasa internasional,  maka anda bisa memulai karir anda sebagai seorang penerjemah, khususnya untuk mengalihbahasakan dokumen atau pun buku-buku. Kebanyakan Translator adalah bekerja secara mandiri atau juga bekerja untuk sebuah proyek dari berbagai klien.

Demikianlah beberapa contoh profesi yang cocok dijalani oleh orang-orang yang berkarakter introvert. Semoga dapat menambah sepintas wawasan bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait