Di Usia 30 Tahun, Hindari 5 Kesalahan Ini

Usia 30 tahun merupakan masa menuju tahap kedewasaan. Pada usia ini, kemampuan dan kematangan seseorang dikatakan sedang berada masa puncak. Ketika di umur 20 tahunan, orang - orang disibukkan dengan sekolah, mencari kerja dan penemuan jati diri. Sementara pada usia 30an tahun orang akan mulai fokus pada urusan keluarga serta peningkatan karir dan bisnis. Pada usia emas ini, seseorang harus menjalani dengan cermat dan penuh perencanaan.

Ada 5 hal yang harus sebisa mungkin dihindari agar tidak dilakukan pada masa 30 tahunan, yaitu:

usia 30 tahun1. Menempatkan Karir dan Pekerjaan di Atas Keluarga dan Teman
Kerja keras adalah satu poin yang penting demi pemenuhan finansial anda. Tapi jangan terlalu berlebihan sehingga hubungan keluarga dan persahabatan menjadi terlantar. Semakin tua usia anda, biasanya semakin sulit mengembangkan relationship.

2. Mengabaikan Kesehatan Diri
Bagaimana pun kesibukan anda, kesehatan adalah prioritas utama. Jagalah kesehatan anda agar tetap fit dan produktif di usia 50an nanti.

3. Melewatkan Kesempatan Memiliki Anak
bayi imut
Banyak orang yang fokus mengejar karier di usia 30 tahunan dan tidak memikirkan pernikahan. Padahal masa ini harusnya digunakan untuk merencanakan kehamilan. Jika di usia 40an baru memikirkan anak, maka dampaknya kurang baik karena di saat anda tua, usia putra-putri anda masih belum siap untuk mandiri.

4. Tidak Menyiapkan Perencanaan Keuangan
Di masa usia 30an tahun, orang-orang biasanya berani mempertaruhkan segala kekayaan (dana) yang mereka miliki untuk digunakan sebagai modal usaha. Dan jika tidak direncanakan secara cermat, maka bisa saja anda kehilangan segala-galanya. Oleh sebab itu, di rentang usia ini masalah finansial harus disusun secara terperinci dan juga harus menabung (investasi).

5. Melupakan Kesenangan (Fun)
Ketika anda telah melewati usia 20an tahun, bukan berarti anda hidup super serius dan melupakan kegiatan bersenang-senang. Pergi tamasya dengan keluarga, nonton konser musik bersama teman-teman, liburan bersama kekasih anda, dan kegiatan-kegiatan fun lainnya harus secara rutin anda lakukan demi menyeimbangkan kehidupan anda. Mempunyai uang yang banyak adalah sesuatu yang amat penting. Namun, jika uang yang anda miliki membuat anda sengsara dan menjadi sinis terhadap kehidupan, maka uang itu tak memiliki manfaat apa-apa.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait