5 Pekerjaan Bergaji Tinggi dengan Tingkat Stress Rendah

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa hampir semua orang tentu ingin memiliki pekerjaan yang berpenghasilan tinggi. Nah, konsekuensi dari gaji tinggi tersebut pada umumnya adalah berupa tingkat tanggung jawab yang harus diemban dan juga kadar puncak stress yang akan dirasakan. Namun, menurut data yang dirilis oleh U.S. Bureau of Labor Statistics and Occupational Information Network, yang mengukur jumlah penghasilan dan tingkatan stress dari 767 jenis pekerjaan di Amerika, diketahui fakta-fakta yang menunjukkan bahwa ada beberapa jenis profesi yang berpenghasilan tinggi dengan tingkat stress yang lebih rendah.

Apa sajakah bidang pekerjaan yang dimaksud? Inilah lima uraiannya:
stress pusing
stress - pusing

1. Ortodontis
Ortodontis atau dokter gigi atau ahli kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu jenis pekerjaan yang memiliki tingkat stress yang tidak terlalu tinggi. Menurut hasil penelitian tersebut, profesi yang memperoleh penghasilan rata-rata tahunan sebesar $ 196.270 ini memiliki skor toleransi stress sekitar 67,0. Dalam penelitian yang dilakukan tersebut, digunakan skala stress (ketegangan otak) dari 0 sampai 100. Semakin kecil nilainya, semakin rendah tingkat kesetressannya.

2. Peneliti Makanan (Food Scientist)
Saat melakoni tugasnya, orang-orang yang bekerja pada bidang ini dikatakan memiliki tingkat ketegangan pikiran yang paling rendah. Skor yang diperoleh adalah 55.8 dengan rata-rata pendapatan per tahun mencapai $65.340 atau sekitar 700 juta rupiah. Mungkin beberapa faktor yang menyebabkan tingkat stress di profesi ini paling rendah adalah karena tidak terlalu banyak berinteraksi langsung dengan orang lain (misal konsumen dan atasan), serta dalam tugasnya tidak dikejar-kejar date line, karena yang diutamakan adalah tingkat hasil keakuratan pekerjaannya.

3. Astronom
Tugas utamanya adalah mengamati angkasa raya, seperti bintang, galaxy, planet, satelit alam, dan sebagainya. Skor toleransi stressnya berada pada poin 62,0 sehingga dapat dikatakan sebagai bidang pekerjaan yang cukup nyaman, apa lagi jumlah penghasilan yang diperoleh setiap tahun cukup besar. Di Amerika Serikat, seorang ahli astronomi mampu memiliki pendapatan sebesar 110.440 dolar per tahun.

4. Ilmuwan Politik
Banyak orang yang merasa mumet pikirannya jika diajak berdiskusi mengenai masalah politik. Namun, profesi yang bertugas mempelajari asal-usul, pengembangan, dan tren politik tersebut ternyata memiliki skor toleransi stress yang cukup rendah, yakni 60,8 dengan penghasilan tahunan mencapai $100.900. Jika anda tertarik profesi ini, maka anda harus kuliah pada jurusan ilmu politik atau administrasi publik.

5. Matematikawan
Bagi sebagian besar pelajar, matematika dianggap salah satu mata pelajaran yang paling tidak disukai karena dianggap sulit dan sering bikin stress. Namun jika anda sudah melakoni profesi sebagai matematikawan, maka tingkat stress tersebut menjadi berkurang. Dari data yang dikeluarkan oleh U.S. Bureau of Labor Statistics and Occupational Information Network, diketahui bahwa skor toleransi kestressan seorang ahli matematika lebih rendah dari orang yang berprofesi sebagai Direksi Seni, yaitu sebesar 57,3 dibandingkan dengan 69,0 (art director). Rata-rata gaji yang diterima para matematikawan pun cukup besar, yakni mencapai 103.310 dolar Amerika.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait