5 Desain Logo Bisnis yang Kontroversi

Logo bagi sebuah organisasi merupakan gambaran singkat yang merepresentasikan dan mendeskripsikan berbagai hal pada organisasi tersebut, misalnya untuk menunjukkan visi misi organisasi, menggambarkan makna organisasi, historinya, dan sebagainya. Logo harus didesain dan dibuat dengan penuh pertimbangan dan kecermatan agar mampu memberikan impresi (kesan) yang mendalam, apa lagi jika logo tersebut bertujuan untuk bisnis.

Untuk menguatkan pencitraan, beberapa  pihak mendesain logo mereka dengan konsep unik. Namun ternyata, kreasi desain tersebut dapat berakibat ambigu (membingnungkan) bagi orang yang melihatnya. Mungkin keambiguan logo-logo tersebut didesain tanpa kesengajaan. Tetapi ada pula yang memang dengan sengaja menciptakan logo yang aneh agar lebih atratif dan komersial. Berikut ini 5 contoh desain logo yang jika dilihat dengan sudut pandang lain akan memberikan kesan dan persepsi yang berbeda:

1. Junior Jazz Dance Class
Pada brosur undangan pelajaran menari ini terdapat logo siluet dua orang menari. Sepintas memang tidak ada yang janggal pada logo hitam tersebut, namun bila dicermati pada kedua lengkungan tangan dan kepalanya akan memberi kesan berbeda, yakni body wanita.

2. A-Style
Mungkin logo ini sudah pernah anda lihat sebelumnya di sticker yang ditempel pada bodi-bodi mobil atau motor. Namun logo ini adalah merek produk t-shirt asal Italia. Logo huruf yang sederhana ini sungguh atraktif dan komersiil (menjual), tapi bisa berdampak negatif bagi image produk/perusahaan.

3. Logo Apotek Kudawara
Logo ini adalah milik toko farmasi Kudawara yang berada di kota Mitaka, Jepang. Huruf K yang merepresentasikan nama Kudawara tersebut ternyata memberikan kesan aneh jika dilihat dari sudut pandang berbeda.

4. Kampanye Flick Off
Untuk menyadarkan masyarakat dunia tentang potensi bahaya pemanasan global, perusahaan konsultan asal Kanada, yakni Key Gordon Communications melakukan kampanye dengan jargon Flick. Off Namun desain logo yang menjadi simbol gerakan ini melalui situs flickoff.org ternyata memberi kesan yang sedikit nyeleneh, khususnya pada bentuk huruf L dan I yang menyebabkan salah baca.

5. Logo Kantor Urusan Perdagangan Negara Inggris
Desain logo yang sederhana ini dibuat dengan menggunakan huruf-huruf akronimnya, yakni OGC atau Office of Government Commerce. Logo yang dibuat simple dan minimalis ini ternyata tanpa diduga memberikan kesan yang kontroversi, yakni membentuk siluet laki-laki memegang bagian intimnya. Setelah sekian lama, logo ini akhirnya diganti.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait