4 Cara Unik Mendapatkan Modal Usaha

Modal menjadi salah satu tulang punggung bagi para pelaku bisnis. Ketersediaan dana yang mencukupi akan mampu membuat roda perusahaan bergerak dengan lancar. Namun, tentu tidak semua orang memiliki sumber dana yang mencukupi. Beberapa diantaranya berusaha mencari solusi yang efektif dengan cara-cara inovatif dan bahkan unik demi memperoleh, meningkatkan atau melipatgandakan modal bisnisnya, seperti yang terangkum berikut ini:

1. Merekrut Tetangga sebagai Investor
toko buku dan kafe
Toko Buku & Cafe Vox Pop
Sebuah kafe dan toko buku di Brooklyn - New York yang bernama Vox Pop pernah terancam gulung tikar karena tidak mampu membayar denda atas lisensi perizinan dari pemerintah setempat sebesar $33.000. Alih-alih mencari pinjaman kredit ke bank, pemilik sekaligus CEO Vox Pop yang bernama Debi Ryan lebih memilih mengajukan proposal permohonan modal usaha ke para tetangganya sebagai  investor. Ia akhirnya berhasil mengumpulkan dana lebih dari $64.000 yang berasal dari 144 investor (tetangganya).

2. Melakoni Bisnis Sampingan
Paula Conway membutuhkan dana $3.000 atau sekitar 33juta rupiah untuk meluncurkan bisnis travel onlinenya bernama ConwayConfidential. Ketika ia mendapati modal usahanya belum mencukupi, ia lebih memilih untuk tidak memohon bantuan keluarga dan teman-temannya. Tetapi ia justru melakoni bisnis lain, yakni membuat dan menjual kue (cupcake). Bisnis kue tersebut ia lakukan karena ia memiliki persediaan bahan kue yang berlimpah. Dalam waktu 6 bulan, Conway telah berhasil mencapai tujuan finansialnya.

3. Menarik Simpati dan Kepedulian Pelanggan
Sebuah perusahaan yang menjual kartu kredit, bernama Brighter Planet berusaha menarik dana dari calon konsumen dengan menawarkan kartu kredit special yang ditujukan untuk membantu program pengurangan emisi karbon dunia. Lewat kemitraan dengan Bank of America, perusahaan Brighter Planet tersebut mendapatkan 2,1% dari setiap dolar yang dibelanjakan konsumen. Sejak tahun 2006, perusahaan telah memperoleh dana lebih dari $ 350.000 yang dipakai untuk mendukung investasi dan program energi bersih, serta tentunya untuk modal usaha.

4. Ikut Kontes Lomba untuk Dapat Modal Usaha
Ketika dua partner bisnis yang bernama Aaron Foss (seorang software developer) dan Keri Mahoney (seorang perawat kanker) tengah kesulitan mencari bantuan modal usaha untuk perusahaan mereka di bidang medical software, mereka tidak berputus asa. Mereka menggunakan kreativitas diri untuk ikut kontes menjadi ambasador  (duta) minuman bir Red Stripe.

Ketika mereka berhasil memenangkan kontes yang berhadiah tiket jalan-jalan ke Jamaika senilai $ 40.000, mereka ternyata tidak mengambilnya tetapi bernegosiasi dengan tim panitia agar diberikan uang cash meskipun jumlahnya hanya setengahnya. Usaha itu pun berhasil membawa mereka membesarkan bisnisnya.

Demikianlah beberapa kisah unik yang dilakoni para entrepreneur sejati dalam menggali ide untuk memperoleh modal bisnisnya. Seperti kata pepatah tua, "Dimana ada kemauan, di situ tersedia jalan", semoga menginspirasi bisnis anda. (Ref: allbusiness.com)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait