20 Merek Populer yang Paling Memasyarakat

Suatu hari saat saya sedang berada di kota Denpasar (Bali), saya menyaksikan percakapan sepasang anak muda yang tengah berada di sebuah daeler penjualan motor bekas.
Pegawai Daeler: "Mau nyari honda apa, Dik?"
Anak Muda: "Ada Honda Satr*a, Mas?"
Pegawai Daeler: "Ada Dik, tinggal satu warna hitam".
Anak Muda: "Honda keluaran tahun berapa, Mas?"
Pegawai Daeler: "Honda Satr*a ini tahun 2012, barangnya masih mulus"

merek honda
Dari percakapan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar warga di sana menyebut semua merek sepeda motor dengan nama Honda, atau dengan kata lain istilah "Honda" menggantikan kata "sepeda motor". Kebiasaan penggunaan kata Honda untuk menyebut motor ternyata juga dapat kita jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini menandakan bahwa brand Honda sudah sangat membumi di sebagian besar hati masyarakat Nusantara.

Untuk menanamkan kekuatan sebuah merek produk di suatu daerah ternyata bukanlah perkara mudah. Jika anda sebagai seorang pemilik perusahaan yang ingin mengikuti jejak Honda di Indonesia yang punya brand powerfull, maka paling tidak anda harus memenuhi salah satu dari dua syarat berikut, yakni:

1. Menjadi pelopor, pencipta atau pembuat produk pertama, sehingga nama merek yang melekat pada produk / benda yang dipasarkan tersebut dianggap sebagai kata / istilah umum.
2. Memproduksi produk yang laris dan mampu memenangkan persaingan, sehingga menjadi populer dan masyarakat terbiasa mengucapkan merek tersebut sebagai kata / istilah sehari-hari.

Di Indonesia, Honda adalah sebuah merek sepeda motor yang pertama dikenal oleh masyarakat, sangat laris, dan mampu bertahan lama dalam kompetisi dari merek-merek sepeda motor lain. Oleh karena itu, banyak orang yang beransumsi bahwa Honda adalah istilah umum untuk menggantikan kata sepeda motor.

Selain Honda, ternyata ada sejumlah merek yang juga cukup memasyarakat di tanah air, antara lain:

1. AQUA
Merek ini boleh dibilang paling membumi di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Banyak orang yang sering mengucapkan kata Aqua untuk merujuk kepada air mineral kemasan.

2. KODAK
Walaupun perusahaan yang memiliki merek ini tengah terseok-seok dan sempat dinyatakan bangkrut, tapi namanya masih kuat melekat di hati masyarakat yang dipakai untuk menyebut perangkat kamera saku.

3. GILLETTE
Gillette atau yang biasa kita ucapkan "silet" juga merupakan salah satu brand yang powerfull. Di pasaran, ada puluhan merek yang terkait dengan pisau cukur, namun kebanyakan orang umumnya menyebut silet.

4. ODOL
Odol adalah sebuah merek pasta gigi yang berasal dari Jerman. Produk pasta gigi Odol ini dahulu dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Walaupun merek ini sudah berpuluh-puluh tahun tidak beredar lagi di Indonesia, namun rernyata nama Odol telah menjadi nama generik untuk pasta gigi.

5. iPAD
Sebagai pelopor komputer tablet, nama iPad saat ini juga tengah berjaya. Banyak orang awam yang salah persepsi menganggap bahwa semua perangkat gadget yang berukuran lebih besar dari smartphone disebut dengan nama iPad, padahal sejatinya iPad adalah merk komputer tablet keluaran Apple.

Nah, berikut ini adalah beberapa merek lain yang cukup populer di berbagai daerah di Indonesia dan sering dianggap sebagai istilah atau kata generik:

6. Softex adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk pembalut wanita.

7. Pampers adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk popok celana bayi.

8. Baygon adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk obat pengusir nyamuk.

9. Sarimie atau Indomie adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk mie instant.

10. Tip X adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk pengkoreksi tulisan pulpen.

11. Sandal Swallow adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk sandal jepit.

12. Hansaplast adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk plester luka.

13. Blueband adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk margarine.

14. Promag adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk obat sakit maag.

15. Toa adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk pengeras suara.

16. Bayclin adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk diterjen pemutih baju.

17. Pop Ice adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk minuman kocok / blender.

18. Sanyo adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk mesin pompa air.

19. Rinso atau So Klin adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk ditergen pakaian.

20. Rexona adalah sebuah kata yang dipakai untuk menyebutkan produk-produk deodorant.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait