10 Tips Sukses Lulus Tes CPNS

Profesi sebagai abdi negara atau yang lebih dikenal sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang merupakan salah satu bidang pekerjaan yang difavoritkan oleh angkatan kerja di Indonesia. Ketika pemerintah membuka lowongan CPNS, maka tampak berjubel-jubel para pendaftar yang ingin berebut formasi rekrutmen yang terbatas tersebut. Bahkan tak jarang perbandingan antara jatah yang tersedia dengan jumlah pelamar bisa mencapai 1 berbanding 500 atau bahkan lebih pada suatu instansi / daerah. 

Kenapa profesi pegawai negeri tersebut sangat difavoritkan oleh para pencari kerja? Tentu ada banyak faktor yang melandasinya, antara lain: stabilitas penghasilan, masa depan terjamin (gaji pensiunan), adanya stigma bahwa kerja PNS santai, dan faktor pendukung lainnya. Barkaca pada hal tersebut, maka tentu kita tidak merasa heran bila setiiap ada lowongan CPNS selalu dipenuhi dengan para angkatan kerja yang ingin melakukan pendaftaran. 

tes cpnsBegitu besarnya persaingan dan kecilnya peluang yang harus dihadapi oleh masing-masing pelamar, maka segala daya upaya dilakukan agar bisa lolos dalam tahapan seleksi tersebut. Lulus dalam tes CPNS tersebut bukanlah perkara yang mudah, tetapi juga bukanlah perkara yang sulit. Jika anda telah mempersiapkan diri secara maksimal, niscaya anda akan mampu melewati fase ujian tersebut. Pada artikel kali ini, kerjausaha.com mencoba menyajikan beberapa tips logis agar bisa diterima dalam seleksi CPNS. Apa sajakah yang mesti anda lakukan? 

1. Yakin dan Percaya Diri Bahwa Anda Mampu Lolos Ujian CPNS
Hal pertama yang wajib anda tanamkan di dalam pikiran dan hati anda adalah keyakinan bahwa anda bisa menyelesaikan ujian tersebut dengan hasil di atas standar yang ditetapkan (passing grade). Meskipun sebelumnya anda telah beberapa kali mengalami kegagalan dan akhirnya menjadi pesimistis, maka cobalah bangkitkan kembali api semangat dan optimisme dalam diri sehingga akan menjadi salah satu lokomotif usaha anda dalam menghadapi ujian Calon Pegawai Negeri Sipil.

2. Jangan Tergiur Bujuk Rayu Calo CPNS
Setiap diumumkannya lowongan CPNS, maka salah satu isu yang sering didesas-desuskan adalah adanya calo-calo yang menjanjikan kelulusan seleksi CPNS. Memang kita tidak memungkiri bahwa mungkin di beberapa daerah atau instansi tertentu terdapat oknum-oknum yang menawarkan jasa tersebut. Tetapi yakinlah, bahwa tidak mungkin dalam rekrutmen CPNS pada formasi yang anda incar tersebut, orang-orang yang lolos semuanya memakai jasa calo. Pasti ada sekian persen yang memang lulus murni karena kemampuan dirinya. Dan anda harus mengikuti jejak mereka.   

3. Pahami dan Penuhi Persyaratan Administrasi Pendaftaran
Saat ini akses pendaftaran CPNS telah bisa anda lakukan secara online. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara telah menyediakannya melalui alamat panselnas.menpan.go.id (cpns 2014). Pahami dan penuhi persyaratan-persyaratan yang diminta, misalnya umur (17-35 tahun), KTP, ijazah, alamat email, dan sebagainya.

4. Cari dan Pelajari Referensi Soal CPNS Tahun-tahun Sebelumnya
Setelah anda menyelesaikan tahapan pendaftaran, maka hal berikutnya yang wajib anda lakukan adalah mengumpulkan dan mempelajari beragam jenis contah soal ujian sesuai dengan bidang rekrutmennya. Misalnya dalam tes CPNS tahun 2014 terdapat beberapa tahapan ujian yang harus diikuti, yakni TKD (Tes Kemampuan Dasar) dan TKB (Tes Kompetensi Bidang). TKD terdiri dari: Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Karakterisitik Pribadi.

5. Jaga Kondisi Fisik dan Psikis
Jaga kondisi kesehatan anda agar fit di saat melaksanakan ujian. Hindari bergadang, stress, lelah beraktivitas, dan sebagainya. Fokuslah dalam mempersiapkan mental diri.

6. Berhitung Peluang dan Strategi
Berhitung peluang dan strategi pada poin ke enam ini maksudnya adalah memperkirakan pada posisi apa dan daerah mana yang berpeluang lebih besar sesuai dengan latar belakang pendidikan anda. Mungkin anda bisa mempertimbangkan mendaftar lowongan CPNS di kabupaten atau provinsi lain jika formasi yang tersedia cukup berpeluang untuk anda.

7. Minta Bimbingan Pengalaman dari Rekan-rekan Yang Telah Sukses dalam Rekrutmen PNS
Seperti kata pepatah, "Pengalaman adalah Guru yang Terbaik". Oleh sebab itu, tiada salahnya anda meminta nasihat, bantuan, dan sharing pengalaman dari rekan-rekan atau senior anda yang terlebih dahulu lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil.

8. Persiapkan Diri dari Hambatan-hambatan Teknis
Jangan sampai ketika di hari pelaksanaan, segala usaha anda terganjal karena masalah-masalah teknis. Misalnya, bangun kesiangan, kartu tanda peserta yang ketinggalan, tidak membawa alat tulis untuk ujian tertulis, kurang memahami pengoperasian C.A.T (Computer Assisted Test), ban motor yang kempes, tidak mengetahui lokasi ujian, pakaian yang kurang pantas atau sopan, dan kendala-kendala lainnya. Jadi, sebelum berangkat anda telah mempersiapkan dan mengantisipasi hal-hal tersebut.

9. Tetap Up To Date Informasi
Anda harus memanfaatkan segala sumber informasi agar anda mendapatkan berita terkini terkait pelaksanaan tes CPNS tersebut. Mungkin saja, tanpa diduga jadwal diundur atau dimajukan, atau lokasi tempat ujian dipindahkan karena alasan tertentu. Manfaatkanlah jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, forum, berita online, ponsel dan media lainnya agar anda bisa mengakses kabar terkini dan akurat.

10. Minta Restu Keluarga dan Mohon Bantuan Yang Maha Kuasa
Yang terkhir dan paling utama dari semua usaha anda dalam meraih kesuksesan lulus tes CPNS adalah memohon doa restu orang tua serta bantuan gaib dari Tuhan Sang Pencipta. Tanpa seizin Beliau, maka segalanya takkan mungkin berhasil.  

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait