6 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis, kemampuan berbicara memiliki andil yang cukup besar dalam meraih kesuksesan. Meskipun anda memiliki ide kreatif dan inovasi bisnis yang briliant, namun jika kurang dalam hal komunikasi, maka keberhasilan itu akan lebih sulit tercapai. Bahkan bila usaha anda mengharuskan anda untuk berhadapan langsung dengan calon konsumen, maka kemampuan percakapan tersebut merupakan porsi utama yang menentukan kemajuan bisnis anda.

Oleh sebab itu, anda membutuhkan tim komunikator yang handal, atau paling tidak anda berusaha menjadikan pribadi anda sebagai ahli percakapan yang cukup mumpuni. Lalu, bagaimanakah cara memulainya? Mungkin tips-tips berikut bisa sedikit melatih kapabelitas berbahasa anda.

komunikasi bisnis1. Tunjukkan Secara Nyata Perhatian Anda
Ketika anda sedang berbicara langsung dengan rekan bisnis maupun pelanggan anda, khususnya di tempat yang ramai dan bising, maka beri perhatian penuh terhadap apa yang diucapkannya. Bila ternyata anda tidak dapat mendengar dengan jelas, maka ajaklah untuk mencari lokasi yang lebih tenang. Meskipun topik pembicaraan tersebut sama sekali belum anda kuasai, tapi cobalah berbagi pengalaman, atau ajaklah orang lain untuk mengelaborasikan obrolan tersebut.

2. Gunakan Kalimat "Katakan Padaku"
Kebanyakan orang akan sangat menghargai kesempatan yang diberikannya untuk bercerita pengalaman atau mengutarakan isi pikirannya. Untuk memulai percakapan, anda bisa memancingnya dengan kalimat "katakan padaku". Misalnya "Katakan padaku apa yang mendorong anda untuk memulai bisnis ini?". Kekuatan kalimat "katakan padaku" dapat memberi kesan penghormatan kepada lawan bicara anda.

3. Sebutlah Namanya
Bila anda telah memiliki mitra bisnis atau pelanggan, maka usahakan selalu menyapanya atau bercakap dengan menyebut namanya. Hal itu merupakan penghargaan besar.

4. Perhatikan Ekspresi Setuju dan Tidak Setuju
Ketika dua pihak memiliki pendapat sama (setuju),  biasanya akan terbentuk ikatan yang kuat. Oleh sebab itu, ketika anda akan mengungkapan rasa kesetujuan anda terkait pendapat rekan  bisnis atau pun konsumen anda, maka ekspresikanlah dengan 'wah', sedangkan bila anda menyatakan ketidaksetujuan, maka utarakan secara perlahan dan lembut.

5. Bicara Sedikit, Mendengar Lebih Banyak
Jadilah pribadi yang menyenangkan mitra usaha atau para konsumen anda dengan mengurangi porsi bicara anda, dan lebih banyak mendengarkan apa yang disampaikan mereka.

6. Hindari Menyela atau Mengubah Topik Percakapan
Menyela atau interupsi saat orang lain berbicara akan berdampak kurang baik bagi reputasi anda. Demikian juga berusaha mengalihkan topik pembicaraan akan tidak memberikan manfaat bagi rekan bisnis maupun konsumen anda. Jadi, perhatikanlah gaya bicara anda. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait