Investor-investor Tersukses di Dunia

Salah satu cara untuk dapat mendulang uang jumlah besar dalam waktu yang singkat adalah terjun ke bisnis investasi pasar saham. Kecerdasan membaca situasi pergerakan saham, kemudian diikuti secercah bintang keberuntungan, maka seseorang dapat meraup untung besar dalam interval waktu tertentu. Seperti dua sisi mata uang logam, keuntungan besar sebanding dengan kadar risikonya.

Tak sedikit para investor pemula yang mencoba bergulat di bisnis ini, namun akhirnya mengalami jatuh bangun. Salah satu cara dan teknik yang dilakukan oleh para pebisnis muda dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis penanaman modal adalah mengikuti langkah dan keputusan yang dilakukan oleh para investor sukses dan berpengalaman. Di kancah internasional, ada beberapa orang sukses yang boleh dibilang sebagai dedengkotnya bisnis saham ini. Empat diantara orang-orang tersebut antara lain:

1. Warren Buffet
investor warren buffet
Kesuksesan yang diraih Warren Buffet dalam beberapa dekade terakhir telah menjadikan dirinya sebagai salah satu investor tersukses dan termasyhur di dunia. Total aset kekayaan Warren Buffet saat ini tercatat sebesar 58,5 miliar dollar AS. Banyak investor di dunia yang mengikuti langkah dan keputusan Buffet dalam memilih gerak saham. Ada pula beberapa investor yang cukup memilih menanamlan modalnya di perusahaan milik Buffet, yakni Berkshire Hathaway. Saham perusahaan ini cukup mahal hingga mencapai harga 185.000 dollar AS per lembar saham.

2. Pangeran Alwaleed Bin Talal Al Saud
pangeran arab
Di benua Asia, investor yang sukses adalah Pangeran Alwaleed Bin Talal Al Saud dari Arab. Aset kekayaannya mencapai 30 miliar dollar AS. Alsaud mendapatkan kekayaannya dari perusahaan yang ia dirikan, yakni Kingdom Holding Company. Dalam mengelola uangnya tersebut, Sang Pangeran berinvestasi di berbagai sektor, seperti hotel, finansial dan perbankan, media, internet, properti, teknologi, dan bisnis hiburan. Keuntungan dari investasi tersebut menjadikan dirinya sebagai salah satu orang terkaya di daratan Asia.

3. Carl Icahn
investor sukses di dunia
Senegara dengan Buffet, investor yang juga meraih kesuksesan adalah Carl Icahn yang memiliki aset kekayaan sebesar 24,5 miliar dollar AS. Pemilik Ichan Enterprises ini telah menginvestasikan uangnya di berbagai sektor, diantaranya pada bidang industri game, industri mobil, industri metal, pengemasan makanan, hingga mode. Perusahaan yang telah dibangunnya saat ini memiliki enam puluh ribu karyawan. 

4. John C Bogle
john bogle
Bogle adalah pendiri sekaligus pensiunan CEO perusahaan The Vanguard Group. Dibawah kepimpinannya, perusahaan tersebut menjadi perusahaan reksa dana terbesar ke dua di dunia. Jebolan Universitas Princeton ini memulai karirnya di Wellington Management Company, kemudian mendirikan Vanguard pada tahun 1974. Pada tahun 1999, Bogle menerbitkan sebuah buku yang menjadi best seller berjudul Common Sense on Mutual Funds: New Imperatives for the Intelligent Investor.

Untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka, ternyata tak cukup hanya bermodalkan banyak uang semata. Mereka memiliki strategi yang jitu dan akurat dalam berinvestasi, sehingga keuntungan pun berpihak kepada mereka. Salah satu strategi yang mereka tempuh adalah berani menginvestasikan modalnya di berbagai sektor usaha, bahkan yang saling bertolak belakang. 

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait