Inilah Ekspresi Bahasa Tubuh Pelanggan yang Tertarik dengan Produk Anda

Sebagai penjual, tentu anda harus menguasai ilmu pemasaran. Dari sekian banyak poin penting dalam dunia marketing tersebut, ada hal yang terkait dengan pemahaman terhadap gestur tubuh para pelanggan. Ada beragam cara dan ekspresi yang ditunjukkan oleh calon pembeli yang tertarik terhadap produk yang ditawarkan. Isyarat yang diperlihatkan oleh gestur tubuh calon pembeli menandakan bahwa mereka mulai berminat, namun masih terdapat sedikit keraguan atau ada pertimbangan lain. Jika anda mulai melihat tanda-tanda itu, maka fokuslah agar calon pembeli tersebut akhirnya benar-benar melakukan deal transaksi.

EKSPRESI WAJAH SENANG SEDIH TAKUT GEMBIRA CEMAS BINGUNG
Seperti apakah ciri-ciri bahasa tubuh yang dimaksud? Berikut sekilas uraiannya:

Ekspresi Wajah Berubah Senang
Calon pembeli yang mulai tertarik dengan produk yang anda tawarkan pada umumnya akan menunjukkan ekspresi wajah yang lebih ceria atau senang. Dari ekspresi datar saat pertama kali ditawarkan menjadi berubah senang setelah ia memahami apa yang dijelaskan. Saat anda melakukan tawar-menawar atau promosi, perhatikanlah perubahan ekspresi wajah calon pembeli anda.

Perhatian yang Lebih Fokus
Dalam proses pencarian produk yang diinginkan konsumen, mereka akan berusaha mengamati pilihan produk yang ditawarkan. Calon pembeli yang tidak tertarik biasanya cenderung mudah mengalihkan perhatiannya kepada penjual yang sedang menawarkan barang atau ke hal lainnya. Sebaliknya jika gestur panca inderanya menunjukkan kefokusan atau keingin tahuan terhadap produk atau pun penjelasan anda, maka mereka telah memiliki keinginan untuk membeli produk anda.  Calon pembeli juga biasanya akan lebih sering bertanya ketimbang diam mengamati. Ada pun pertanyaan-pertanyaan yang biasanya sering dilontarkan ketika mereka berminat, misalnya tentang cara pembayaran, keunggulan produk, garansi, harga pas, dan masalah teknis lainnya.

Kecondongan Posisi Badan
Seseorang yang tertarik pada suatu topik pembicaraan biasanya mencondongkan badan dan kepalanya ke arah orang yang berbicara. Ekspresi alamiah ini biasanya didorong oleh rasa penasaran maupun keinginan dirinya agar tidak ada bagian dari pembicaraan tersebut yang terlewatkan atau sampai tak terdengar. Nah, jika anda menyaksikan gestur tubuh ini saat anda tengah menjelaskan produk yang ditawarkan, maka berarti 75% si calon pembeli berkeinginan melakukan transaksi.

Bengong dan Berpikir
Mungkin anda sering melihat ekspresi wajah calon pembeli yang terlihat bengong atau berpikir setelah anda menjelaskan rincian produk yang ditawarkan. Ciri tersebut menunjukkan bahwa si calon konsumen sebenarnya telah berpeluang melakukan pembelian, namun mungkin masih ada sedikit yang mengganjal dihatinya atau sedang melakukan pertimbangan dengan cermat. Jika ini terjadi, jangan biarkan begitu saja.

Segera lakukan tindakan persuasif atau pancing dengan tawaran yang atraktif, misalnya potongan harga, bonus, dan sejenisnya. Demikianlah beberapa bahasa tubuh calon pelanggan yang perlu anda pahami agar mampu mendobrak daya marketing anda. Selamat beraktivitas, salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait