Cara Jitu Memata - matai Pesaing Bisnis Anda

Memata-matai para kompetitior dalam dunia bisnis merupakan salah satu cara untuk menyususn strategi yang tepat dan juga sebagai pembanding kemajuan bisnis yang telah kita capai. Dalam melakukan spionase tersebut, hendaknya sedapat mungkin dilakukan secara tertutup (rahasia) agar tidak terjadi konflik langsung.

Bagaimanakah caranya memata-matai pesaing bisnis anda? Mungkin lima cara ini bisa membantu anda:

pembeli hantu
1. Kunjungi Situsnya
Jika anda tidak berpeluang untuk mengunjungi langsung tempat usahanya, maka celah yang bisa diintip adalah lewat jalur online, yakni situs utamanya. Di sana anda biasanya dapat mengetahui visi-misi kompetitor anda, produk terbarunya, hingga seperti apa gambaran perkembangan bisnisnya. 

2. Cermati Tren Jejaring Sosialnya
Mungkin anda penasaran tentang inovasi apa yang akan diluncurkan oleh pesaing anda. Nah, biasanya saat para kompetitor menjalin komunikasi dengan para audiensnya (konsumen) dalam media sosial, mereka juga melempar isu-isu hot terkait inovasi dan produk-produk baru yang akan diluncurkan.

3. Gali Info dari Para Konsumen dan Mitra Bisnisnya
Cara lain yang juga bisa anda terapkan dalam spionase bisnis tersebut adalah menggali informasi sebanyak-banyak dari para konsumennya maupun mitra dan vendornya, misalnya yang terkait dengan keunggulan layanan ke pelanggan, promo, dan sebagainya.

4. Coba Menjadi Konsumennya (Ghost Shopper)
Terjun langsung ataupun menunjuk orang terpercaya menjadi ghost shopper adalah trik lain dari sebuah aksi memata-matai kompetitor bisnis anda. Dengan berpura-pura sebagai konsumennya, anda akan merasakan langsung bagaimana keunggulan dan kelemahan pesaing bisnis anda.

5. Ikuti Perkembangan Bisnis Kompetitor Anda
Selain keempat cara di atas, anda juga wajib mengikuti perkembangan bisnis pesaing anda di berbagai media, misalnya dengan mengunjungi pameran yang mereka selenggarakan, berita di koran, radio, atau pun iklan-iklan spanduk yan dipajangnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait