Tips Terbaik Seimbangkan Urusan Cinta dengan Pekerjaan

Ada empat point penting dalam kehidupan seorang manusia dewasa yang dianggap sebagai cerminan kesuksesannya, yaitu karier (harta), cinta (jodoh), keluarga, dan pergaulan sosial (bermasyarakat). Punya bisnis atau karier yang sukses, memiliki kekasih (pasangan hidup) yang ‘wow’, kehidupan keluarga yang selalu harmonis, dan memiliki banyak teman yang sejati adalah pilar-pilar yang dijadikan sebagai tanda keberhasilan hidup.

Jika keempat hal tersebut dapat diraih dengan nilai maksimal, baru dapat dicap sebagai manusia yang sukses. Namun sayangnya, untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak gampang. Ada point-point yang biasanya saling berbenturan, misalnya antara kepentingan karier dan cinta.  Di saat urusan pekerjaan menuntut tenaga ekstra, tiba-tiba cinta menanti perhatian dan waktu luang anda. Akhirnya terjadilah perselisihan kepentingan di dalam hati anda. Lalu apa yang harus dilakukan?

Kuncinya adalah menyeimbangkan antara kepentingan pekerjaan dan cinta, biar sama-sama jalan. Berikut adalah empat kiat untuk memenuhi hal tersebut:

A. Bersikap Profesional
cinta dan bisnis
Karier tak akan mempu melesat bila pikiran selalu terbebani oleh problema cinta. Dan sebaliknya cinta tak akan berjalan mulus, bila dipikiran selalu terbayang urusan pekerjaan. Jadi keseimbangan itu berawal dari pikiran anda. Anda harus bisa fokus pada pekerjaan saat sedang bekerja, fokus pada urusan cinta saat bersama dengan sang kekasih. Jika saling tumpang tindih, maka sampai kapan pun keseimbangan itu tak kan bisa tercapai. So, be a professional!

B. Jaga Vitalitas
Jika kondisi tubuh anda selalu drop, karier dan cinta tak kan berjalan lancar. Maka jagalah kondisi kesehatan anda. Istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang bergizi, olahraga yang teratur, dan merefresh pikiran adalah beberapa hal yang harus dilakukan. Mintalah support sang kekasih.

C. Menetapkan Jadwal
Untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan urusan cinta anda harus menetapkan jadwal yang tepat. Saat dalam masa bekerja, kerja dan fokuslah menyelesaikan pekerjaan anda. Tetapkan target kapan harus selesai, dan kejarlah target tersebut. Jika sering menunda-nundanya, maka bersiap-siaplah menghadapi konflik karier-asmara. Sementara itu, jadwal urusan cinta harus disusun juga.

Ajaklah pasangan cinta anda untuk menentukan program asmara anda. Rencanakan kapan acara nonton bareng, tanggal liburan bareng, dan jam-jam berapa boleh nelpon ke kantor. Jika pasangan anda ikut menyusun agenda tersebut, maka ia akan lebih memahami kepentingan anda.

D. Menyiasati Konflik Kepentingan
Terkadang, tanpa kita duga jadwal yang telah diatur sedemikian rupa tidak dapat kita penuhi karena adanya urusan yang mendadak, misalnya harus mengikuti rapat atau lembur hingga larut malam.  Jika pekerjaan itu bisa dikerjakan dirumah, maka agar si Doi bisa memahami kepentingan anda, ajaklah ia untuk membantu pekerjaan anda, paling tidak sebagai teman penyemangat anda.

Jika seandainya, anda dan dia tidak bisa bertemu, maka lebih baik anda menyampaikan permohonan maaf melalui telepon dan berjanji akan membayar segala kerugiannya dua kali lipat. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir rasa kesalnya terhadap anda yang tidak mampu memenuhi agenda yang telah ditetapkan.

Misalnya malam ini ada janjian nonton di bioskop, tetapi anda tidak bisa datang karena harus lembur, karena itu tawarkan sesuatu yang menarik untuknya, misalnya menjajikan ia makan malam di restaurant mewah yang akan anda penuhi bila telah memiliki waktu luang. Itu adalah trik kompensasi dan konsekwensi.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait