Hiroshi Mikitani, Sosok Dibalik Kesuksesan Rakuten

Hiroshi Mikitani menjadi salah satu orang yang memperoleh keuntungan dari kemajuan teknologi internet. Warga Jepang ini telah merasakan betapa gurihnya menggeluti bisnis di dunia online. Mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya, siapa itu Hiroshi Mikitani? Ya, bagi orang yang telah berpengalaman terjun dalam bisnis di dunia maya, tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan sosok ini. 

Hiroshi Mikitani adalah pendiri raksasa bisnis online Rakuten. Orang-orang yang suka belanja online pasti telah familiar dengan merek perusahaan ini. Rakuten merupakan perusahaan retailer yang melayani penjualan secara online. Brand ini sangat populer di Jepang dan beberapa negara lain di dunia. Rakuten merupakan salah satu kompetitor bagi Amazon dan eBay.

hiroshi mikitani pendiri rakuten
Saat ini, Rakuten termasuk dalam jajaran 10 besar perusahaan internet dunia dengan pendapatan tahunan mencapai US$5 miliar atau lebih dari 50 triliun rupiah. Pada tahun 2014 ini, majalah Forbes menobatkan sang pemilik sebagai salah satu sosok pengusaha terkaya di jagad raya dengan total aset hartanya mencapai US$9,5 miliar.

Untuk terus dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan sejenis, Mikitani atau yang akrab disapa Mickey terus melakukan ekspansi atau perluasan jaringan bisnis, bukan saja di dalam negerinya saja, tetapi ke beberapa negara di Asia dan negara barat. Mikitani yang menyukai golf ini telah mengeluarkan lebih dari US$ 1 miliar dalam beberapa tahun terakhir untuk membeli Buy.com dari Amerika Serikat, Play.com dari Inggris, dan Kobo, sebuah perusahaan pembuat komputer tablet asal Kanada. Linkshare yang merupakan sebuah perusahaan bidang analisis kinerja penjualan dan pemasaran yang berbasis di New York juga telah diakuisisi.

situs rakuten
Tampilan Situs Rakuten
Pada bulan Oktober tahun 2005 lalu, para pebisnis di Jepang dikejutkan dengan keputusannya untuk membeli 15,46% saham Tokyo Broadcasting System. Selanjutnya Mikitani juga berinvestasi di perusahaan sosial media, Pinterest senilai US$100 juta. Semua itu dilakukan untuk memperkuat sayap bisnisnya.

Ketika ia memulai bisnis di dunia internet, banyak orang yang merasa pesimis. Banyak orang menganggap dan memprediksi bahwa apa yang tengah dirintisnya tak akan membuahkan hasil. Tak sedikit orang yang juga mengatakan padanya bahwa konsep mall internet sudah berakhir dan takkan berkembang. Namun, berkat kegigihannya, ia berhasil membuktikan gurihnya berbisnis di dunia maya. Bisnis e-commerce saat ini tengah tumbuh pesat, dan Rakuten menjadi salah satu brand yang populer di internet.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait