5 Kelebihan Kaum Perempuan dalam Dunia Bisnis

Di era sekarang, perempuan yang berbisnis merupakan hal yang sudah lumrah. Mungkin di sekitar tempat tinggal anda telah banyak berdiri perusahaan-perusahaan kecil maupun besar yang digawangi oleh sosok seorang wanita. Pada zaman emansipasi ini, budaya masyarakat telah memberikan peluang besar bagi kaum hawa untuk bisa mandiri atau terjun langsung di dunia kewirausahaan, dengan catatan tidak lupa akan tugas dan koderatnya sebagai perempuan. Dalam menjalankan bisnis ataupun wirausahanya, kaum perempuan ternyata punya beberapa keunggulan yang umumnya jarang dimiliki oleh kaum laki-laki. Adapun kelebihan-kelebihan yang dimaksud terurai berikut ini.

1. Mampu Membangun Networking Lebih Cepat
Wanita umumnya bersikap luwes dan selalu berusaha agar memiliki pergaulan yang luas, karena insting wanita adalah ingin selalu berbagi dan sosialis. Hal tersebut menjadi modal kekuatan untuk bisa memangun jaringan marketing yang lebih besar.  

wanita berbisnis
2. Daya Kreatif yang Tinggi
Kita tentu tak bisa memungkiri bahwa kaum perempuan dalam banyak hal umumnya lebih terampil dan kreatif dibanding laki-laki. Hal ini didasari karena wanita senantiasa menyukai keindahan. Sehingga dalam dunia kewirausahaan, wanita mampu menciptakan produk-produk yang lebih sempurna. Kreatifitas yang tinggi tersebut menjadikan UKM di Indonesia lebih banyak didominasi oleh wanita, sekitar 60%.

3. Pandai Mengatur Masalah Finansial
Berdasarkan data Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia tahun 2013, diketahui bahwa dari nilai kredit Rp 137 triliun kepada 10 juta debitor yang telah diimplementasikan, ternyata tunggakan wirausaha perempuan mencapai 0 persen alias tidak ada satu pun yang menunggak. Hal ini disebabkan oleh keahlian kaum wanita dalam urusan keuangan, disamping juga mereka berusaha menjaga nama baiknya di mata orang lain. 

4. Telaten dan Hati-hati
Jika wanita diberi kesempatan untuk membangun sebuah bisnis, umumnya mereka akan bekerja lebih giat, telaten, dan penuh kehati-hatian, karena sifat-sifat tersebut bagian dari talenta mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mempekerjakan sosok perempuan pada bagian yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian. 

5. Dapat Bekerja Multitasking
Kelebihan lain yang dimiliki kaum wanita dalam dunia bisnis adalah mampu mengerjakan beberapa jenis pekerjaan dalam satu waktu yang sama, sehingga lebih efektif dan efesien. Hal ini khususnya dimiliki oleh wanita-wanita yang telah berumah tangga atau mompreneur yang telah terbiasa mengerjakan beberapa bagian pekerjaan rumah secara bersamaan. Sehingga daya ingat dan kecekatan tangannya telah terlatih.

Kekuatan multitasking tersebut adalah salah satu modal yang bisa membuat roda perusahaan lebih efektif, karena dunia usaha adalah dunia yang sangat menghargai waktu. Demikianlah sekilas sisi-sisi kelebihan seorang perempuan dalam dunia bisnis. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait