3 Potensi Bisnis Mengolah Kulit Buah Manggis

Manggis merupakan salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. Rasanya yang manis dan tekstur buahnya yang lembut menjadikan buah ini sebagai salah satu pilihan utama untuk cuci mulut.nTak heran jika nilai jual buah ini setara dengan harga buah-buah impor, apa lagi dari hasil penelitian membuktikan bahwa buah manggis memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga semakin banyak diburu konsumen. 

Selain daging buahnya, kulit manggis juga memiliki potensi sebagai bahan pakan yang menyehatkan. Banyak orang yang berusaha mengolah kulit manggis untuk dijadikan produk kesehatan. Jika di daerah anda terdapat sentra tanaman manggis, maka tidak ada salahnya anda mencoba untuk membangun bisnis yang terkait dengan olahan kulit buah manggis. Apa saja produk yang bisa dihasilkan dengan mengolah kulit buah manggis?

kulit buah manggis
1. Bubuk Kulit Manggis
Bubuk atau serbuk kulit manggis merupakan salah satu bahan minuman konsumsi untuk kesehatan. Untuk mengkonsumsinya, serbuk kulit manggis tersebut diseduh dengan air hangat dicampur bersama sedikit gula atau teh atau madu. Nah, nilai kepraktisan ini menjadikan potensi bisnis yang cukup menjanjikan.

Proses pembuatannya pun cukup sederhana. Pertama kulit manggis dicuci bersih lalu dipotong-potong. Selanjutnya dijemur selama 3-4 hari agar menjadi kering. Kemudian ditumbuk hingga halus menjadi bubuk/serbuk. Agar awet, simpan dalam wadah yang tertutp rapat. Untuk kebutuhan usaha, bubuk kulit manggis dikemas dalam kemasan yang higienis dan kedap udara, misalnya plastik seal atau toples mika.

2. Kue dan Biskuit Kulit Manggis
Jika anda suka membuat jajajan atau kue, maka kulit manggis bisa menjadi potensi bisnis anda. Anda bisa membuat kue-kue basah, seperti kue bolu yang bahannya berasal dari campuran tepung terigu dengan ekstrak sari kulit buah manggis. Atau menggunakan bubuk atau tepung kuit manggis yang telah diuraikan diatas untuk dicetak menjadi biskuit kulit manggis. Cita rasanya yang unik dan kandungan gizi yang tinggi (khususnya senyawa xanthone) tentu membuat nilai jual produk kue berbahan kulit manggis tersebut lebih menarik konsumen.   

3. Jus dan Minuman Kesehatan Kulit Manggis
Bila anda memiliki usaha rumah makan, cafe, atau booth minuman, maka anda bisa menambahkan varian menu baru berupa jus atau minuman kesehatan berbahan kulit manggis. Kulit manggis mengandung zat anti oksidan, antosianin, fenol, AEAC, dan xanthone yang bermanfaat untuk anti kanker, obat herbal, serta program diet yang efektif.

Dengan menyajikan jus ekstrak kulit manggis ke konsumen, tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan omzet bisnis rumah makan atau stand minuman anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait