Mencoba Bisnis Ternak Unik, Si Landak Mini

Mendengar kata Landak bagi sebagian besar orang tentu yang terbayang adalah binatang berbulu duri tajam. Landak menjadi salah satu hewan yang dijauhi manusia karena potensi bahaya pada bulu durinya. Namun, lain halnya jika varian landak yang dipelihara adalah dari jenis keluarga Erinaceidae atau dikenal dengan nama Landak Mini (Hedgehog dalam bahasa Inggris). Landak mini atau landak susu merupakan binatang mamalia kecil yang rata-rata berukuran sekitar 20 cm untuk yang dewasa. Berat tubuhnya kurang dari setengah kilogram.

Bulu-bulunya yang agak lembut menjadikan hewan nokturnal ini aman untuk dipegang. Tubuhnya yang terkesan imut-imut membuat hewan tropis ini banyak disukai oleh pecinta binatang, bahkan anak-anak. Oleh sebab itu, mencoba peruntungan di dunia peternakan landak mini merupakan keputusan yang cukup tepat, apa lagi jika anda juga merupakan pengusaha di bidang petshop. Bagaimanakah cara memulai usaha rumahan ini? Inilah sekilas gambarannya!

Persiapan Memulai Usaha Ternak Landak Mini
landak miniLangkah awal dalam memulai usaha ini adalah mempersiapkan kandangnya. Kandang dapat dibuat dari akuarium berukuran sedang atau menggunakan lemari kaca plastik yang telah dilobangi untuk ventilasi. Di dalam kandang tersebut, sediakan pula pipa PVC berdiameter 10-15 cm sepanjang 20-30 cm sebagai media bagi landak untuk bersembunyi (beristirahat). Pada bagian dasar kandang, isi dengan serbuk gergaji kayu agar tidak licin dan juga berguna untuk menyerap air seni dari si landank mini, karena jika kandang tidak bersih maka bisa menyebabkan ternak menjadi stress.

Menyediakan Pakan untuk Landak Mini
Untuk memberi pakan bagi landak mini ternyata tidak terlalu merepotkan. Jenis pakan yang bisa anda berikan adalah sejenis dengan makanan anjing atau kucing yang kering. Sebagai tambahan nutrisi, Anda boleh menambahkan ulat hongkong atau jangkrik.

Pemeliharaan Si Landak Mini
Memelihara ternak landak mini sebenarnya cukup mudah. Yang perlu anda perhatikan adalah kebersihan kandang karena landak mini termasuk binatang pembersih. Selain itu, ternak yang telah berumur lebih dari dua bulan sebaiknya dimandikan minimal 2 minggu sekali untuk membersihkan tubuhnya.

Memilih Jenis Landak Mini untuk Bisnis
bisnis landak susu
Landak mini atau hedgegog dikenal sebagai mamalia mungil yang memiliki lapisan kaku, duri runcing menutupi seluruh punggungnya. Ketika merasa terancam, landak mini akan menggulung seperti bola. Menurut para peternak, ada beberapa varian landak mini yang banyak dikembangkan, antara lain: jenis albino, algerian, salt and pepper, pinto, silver, charcoal, dan silver harcoal, platinum dasar hitam, platinum dasar cokelat, brown, brown snowflake, cinnamon, dan black eyed cinnicot. Yang paling banyak dipesan dan disukai para pehobi hewan adalah jenis albino, pinto, dan salt and pepper karena murah harganya.

Mengembangbiakan Landak Mini
Dalam wirausaha ini, pengembangbiakan merupakan kunci medapatkan keuntungan. Pada umur lima bulan ke atas, landak mini siap dikawinkan untuk menghasilkan anakan. Masa kehamilan landak mini sekitar 30-40 hari dengan menghasilkan 3-6 ekor anak. Ketika induk landak mini berhasil berkembang biak, maka anda harus memberi perhatian ekstra bagi anak-anaknya. Jangan sering disentuh karena menyebabkan bau alami anak landak menyerupai bau manusia, sehingga tidak disukai oleh induknya.

Panen dan Promosi
Dalam bisnis ini, anda akan mendapatkan keuntungan ketika berhasil melakukan penjualan. Anakan yang telah dapat / siap dijual adalah anakan yang sudah berumur lebih dari 2 bulan. Pada umur tersebut anakan landak mini sudah mampu mencari makanan sendiri dan tidak menyusui lagi pada induknya. Harga landak mini anakan dapat mencapai Rp 1 juta hingga Rp 10 juta per pasang. Adapun, landak mini induk bisa dijual Rp 1,5 juta sampai Rp 15 juta per pasang, tergantung variannya. Agar mampu menjangkau pangsa pasar lebih luas, lakukanlah promosi-promosi di berbagai media, misalnya memajang poster, memanfaatkan sosial media, iklan di situs gratis, dan sebagainya.

Demikianlah sedikit gambaran tentang mencoba peruntungan dalam bisnis rumahan beternak si Landak Mini. Semoga mampu memberi semangat kewirausahaan anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait