Jupiter, Prinsip Sederhana Menjadi Bos yang Disukai Karyawan

Sebagai seorang atasan (big boss) dalam sebuah perusahaan merupakan kedudukan yang didambakan banyak orang. Penghasilan yang besar, kewibawaan, popularitas dan power adalah beberapa hal yang menjadi magnet penarik. Namun, menjadi bos ternyata banyak memiliki tantangan, diantaranya tanggung jawab yang besar, penyediaan permodalan ekstra, hingga termasuk tekanan yang datang dari bawahan.Tak sedikit orang yang akhirnya gagal memimpin sebuah organisasi perusahaan karena tidak kuat menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Sebagai seorang atasan, komunikasi dan hubungan dengan para karyawan harus dijalin dengan baik. Hal ini merupakan aspek yang penting dalam memperlancar pergerakan roda perusahaan. Untuk itu sebagai seorang "boss", anda wajib berusaha agar para karyawan menyukai dan menyenangi anda menjadi pimpinan mereka. Lalu, apa saja cara dan upaya yang mesti dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut? Mungkin jawabannya bisa anda temukan di Planet Jupiter.- (just kidding)

Konsep Jupiter merupakan tips sederhana dalam menjadikan diri anda sebagai seorang atasan yang disukai oleh para pekerja anda. Dalam tata surya kita, Jupiter merupakan planet terbesar yang jika diibaratkan dalam organisasi perusahaan merupakan si "big boss". Lalu, apa saja isi dari konsep Jupiter tersebut? Berikut uraiannya menurut versi kerjausaha.com:

1. Jujur
Jujur menjadi prinsip penting agar anda selalu disenangi oleh para karyawan, khususnya yang menyangkut masalah keuangan karena hal ini paling sensitif. Jika sebagai seorang bos, anda sering menipu dan berbohong atau korupsi terkait keuangan perusahaan, maka jangan salahkan bila banyak karyawan yang meninggalkan anda.

2. Pintar 
Kecerdasan menjadi poin kedua yang wajib melekat pada diri anda agar selalu disukai dan dihormati oleh para bawahan. Sebagai Bos, anda harus lebih banyak belajar dibanding dengan para karyawan. Pintar yang dimaksud menyangkut banyak hal, misalnya pintar berinovasi, pintar mencari celah usaha, pintar menempatkan personal, pintar mengatur keuangan, pintar menjalin kerjasama bisnis, pintar menyusun strategi bisnis, dan sebagainya. Yang jelas, kepintaran yang dimaksud di sini adalah pintar menjadikan perusahaan yang anda pimpin berada di jajaran atas, sehingga para karyawan merasa terjamin akan keberlangsungan nasib dan masa depannya. 

3. Terampil
Prinsip terakhir yang sebaiknya anda pegang selalu adalah terampil. Terampil yang diharapkan menyangkut berbagai hal, antara lain: keterampilan menangani konflik, terampil menyelesaikan tuntutan dan permasalahan yang menyangkut karyawan, terampil dalam bertindak keadilan, terampil dalam negosiasi, dan sejenisnya.Yang jelas, keterampilan tersebut dapat memuaskan berbagai pihak di dalam organisasi perusahaan anda.

Demikianlah uraian mengenai Prinsip "JUPITER" (Jujur, Pintar, & Terampil) yang sebaiknya dilaksanakan oleh anda yang berkedudukan sebagai atasan (bos) agar senantiasa disenangi oleh para karyawan anda. Salam kerja & usaha!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait