Inovasi Kreatif Usaha Es Krim Berbahan Buah Terong

Terong merupakan salah satu bahan pangan yang sering dipakai untuk lauk dan sayur. Ada beragam jenis terong, baik yang berbentuk bulat maupun lonjong. Jenis terong yang paling banyak dikonsumsi adalah terong ungu. Terong mengandung beberapa zat gizi yang berguna untuk kesehatan, diantaranya adalah air, karbohidrat, protein, lemak, kalori, fosfor, serat kasar, kalsium, besi, karotin, vitamin (B1, B2, C), asam nikotinat, dan lain-lain. Buah terong dikenal sebagai pengendali tingkat kolesterol dalam tubuh. Kandungan zat antioksidannya berpotensi untuk melawan kanker, penuaan, peradangan dan penyakit neurologi.

Selain manfaat dan khasiatnya yang oke, keunggulan lain si buah terong adalah harganya yang murah. Oleh sebab itu, berwirausaha dengan memanfaatkan buah terong tentu memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan, apa lagi jika di daerah anda terdapat supaly buah terong yang meilmpah.

es krim terong
Salah satu inovasi yang berhasil diciptakan oleh orang-orang kreatif di Indonesia adalah es krim berbahan dasar buah terong. Olahan buah terong yang dijadikan sebagai minuman beku tersebut merupakan peluang usaha yang cukup prospektif. Keunikan bahan utamanya, menjadikan es krim terong terkesan akan mampu menarik perhatian konsumen. Bagaimanakah caranya memulai usaha rumahan memproduksi es krim terong tersebut? Berikut sedikit penjelasannya!

Mengenal Cara Pembuatan Es Krim Terong
Membuat es krim berbahan buah terong tidaklah begitu sulit. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
  • Dua buah terong ungu
  • Dua gelas susu cair
  • Empat butir kuning telur
  • Seperempat kilogram gula pasir
  • Satu setengah gelas White Cream kental
  • Air kapur secukupnya
  • Dua sendok teh Vanila 

Cara membuat es krim buah terong:
Iris buah terong tipis-tipis, kemudian rendam sekitar 1/2 jam dalam larutan air kapur untuk membuat buah terong lebih empuk. Buatlah larutan sirup gula dengan cara merebus gula pasir dicampur air dan vanila. Biarkan sirup tetap hangat dalam panci tertutup. Angkat dan tiriskan irisan terong dari larutan air kapur, kemudian rebus ke dalam larutan sirup gula sekitar 15 menit. Setelah itu, diblender agak sedikit kasar agar tersisa tekstur terongnya. Tahap selanjutnya, panaskan susu hingga mendidih, lalu angkat ke wadah lain dan tambahkan vanila cair secukupnya.

Kemudian berikutnya kita buat adonan dari kuning telur bersama gula, kocok hingga halus. Secara sangat pelan-pelan, tuangkan adonan kuning telur  tersebut ke dalam susu hangat, panaskan kembali dengan api kecil. Aduk-aduk dengan perlahan. Setelah campuran adonan tersebut terasa agak mulai mengental, maka tuangkan adonan terong. Aduk dengan pelan hingga semua bahan menyatu. Setelah tercampur rata dan mulai kental, angkat dan diamkan hingga dingin. Masukkan ke dalam lemari pendingin agar tekstur menjadi agak lembut-lembut keras, dan selanjutnya siap dimasukkan kedalam kemasan (misalnya kemasan cup).

Untuk mendapatkan rasa yang lebih enak, anda bisa tambahkan varian rasa atau bahan pelengkap lainnya, seperti kacang ijo, cincau, dan lainnya. Lakukan uji coba berulang-ulang untuk mendapatkan rasa yang paling mantap.

Menentukan Target, Cara Pemasaran, Menyiapkan Kemasan dan Merek Produk
Setelah anda sukses dengan resep kreasi anda, maka mulailah berpikir untuk menentukan cara pemasaran yang akan anda tempuh. Apakah dijual langsung dengan menggunakan booth (gerobak) atau dititipkan ke toko-toko di seputaran wilayah anda. Untuk lebih terkesan profesional, gunakan kemasan bagus dan higienis dengan diberi label merek produk usaha anda. Silahkan simak 10 poin penting cara membuat merek produk yang oke di link ini. Salam kerja & usaha!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait