7 Pelajaran Kewirausahaan dari Karakter Orang China

Seperti yang kita ketahui bersama, sejak dahulu kala bangsa China selalu menjadi salah satu "leader" dalam dunia bisnis. Negeri Tirai Bambu tersebut merupakan salah satu pusat perekonomian dunia. Hal ini tidak terlepas dari sifat dan karakter para penduduknya. Tak sedikit orang-orang China yang bermigrasi ke negara lain bisa membangun kerajaan bisnis yang besar padahal diawali dengan modal yang minim. Dengan berbekal karakter dan semangat kewirausahaan yang kuat, mereka mampu membangun pusat-pusat perekonomian yang bercirikan gaya Tiongkok, misalnya saja China Town di Sanfransisco Amerika Serikat, Vanhouver di Kanada, kawasan pecinan di kota London, dan tentunya kampung-kampung pecinan di Indonesia.

Sebagai bangsa Indonesia yang terbuka dan demokratis, tentu kita juga sebaiknya belajar banyak tentang hal-hal positif dari bangsa lain, termasuk bangsa China, khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan. Apa saja pelajaran yang bisa petik dari pengusaha-pengusaha sukses asal China atau keturunan China? Inilah sekilas rangkumannya!

pengusaha China1. Pintar Melihat dan Menemukan Peluang Usaha
Orang-orang China dikenal pintar dan jeli dalam melihat sebuah peluang usaha. Bahkan di tempat merantau pun, mereka bisa mengubah sesuatu yang awalnya dianggap tidak menghasilkan uang menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

2. Rajin dan Disiplin
Selain jeli dalam membangun bisnis, mereka juga terkenal ulet dan disiplin. Pepatah nasihat para leluhurnya sering menginspirasi mereka untuk bangun pagi lebih awal dan tidur setelah pekerjaan beres.

3. Pandai Menyesuaikan Diri
Sebagian orang China dikenal suka merantau demi memuwujudkan kesuksesan hidupnya. Dalam proses migrasi dari satu tempat ke tempat lainnya, mereka pandai melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan dan budaya setempat, serta juga menyesuaikan diri terhadap kondisi ekonomi mereka.

4. Teliti dalam Pembukuan
Bagi para pengusaha China, catat-mencatat transaksi bisnis adalah sesuatu yang wajib bagi mereka untuk mengetahui dan memantau perkembangan bisnisnya, meskipun dalam konsep yang sederhana. Mereka dikenal sebagai akuntan yang rapi dan teliti.

5. Cermat dan Hemat Mengelola Keuangan
Dalam urusan keuangan, wirausahawan China selulau berusaha cermat dan hemat. Mereka lebih mengutamakan mengeluarkan dana untuk membesarkan bisnisnya, ketimbang untuk keperluan lain yang tidak penting.

6. Berani Memulai Usaha dan Kompetitif
Dalam membangun sebuah bisnis khususnya di tempat perantauan, orang-orang China selalu yakin dan berani memulainya meskipun dengan modal seadanya. Bahkan mereka berani berkompetisi dengan pelaku usaha yang telah lebih dulu eksis. Tak jarang mereka bersedia menawarkan harga yang lebih murah dan kompetitif. Meskipun keuntungan kecil, tapi jika pangsa pasarnya besar, maka keuntungan juga melimpah.   

7. Tidak Gengsian
Jika anda berniat memulai berwirausaha, maka singkirkan rasa gengsi anda. Banyak pengusaha China dan keturunan China yang telah sukses meraih mimpinya diawali dengan modal yang pas-pasan bahkan dengan sarana yang tidak layak, seperti sepeda motor butut, gerobak, atau toko klontong kecil yang bagi sebagian orang malu (gengsi) menggunakannya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait