Membangun Bisnis Jasa Layanan Pesan Antar

Delivery order atau layanan pesan antar menjadi salah satu penyokong citra bisnis dalam memberikan kepuasan service kepada pelanggan. Beragam bidang usaha, seperti usaha restaurant, bengkel, hingga toko kelontong mencoba menghadirkan layanan ini kepada para  konsumennya. Namun, untuk menghadirkan layanan pesan antar atau pun jemput bola diperlukan tenaga dan biaya ekstra, sehingga tak banyak perusahaan yang rela menginvestasikan sebagian modalnya untuk menunjang layanan tersebut. Nah, menyadari kondisi tersebut, anda mungkin bisa melihat sebuah celah peluang usaha yang cukup menjanjikan, yakni menjadi penyedia jasa layanan pesan antar.

Penyedia jasa layanan pesan antar bertugas untuk mengantarkan barang pesanan ke tempat konsumen. Modal utama yang diperlukan adalah alat transportasi (motor atau mobil). Agar bisnis jasa anda berjalan maksimal, maka kuncinya adalah anda harus pandai-pandai mencari mitra. Jika dilihat dari sasaran kerja samanya, mungkin anda bisa menyasar langsung ke target konsumen yang memerlukan jasa layanan pesan antar atau bermitra dengan perusahaan-perusahaan tertentu yang belum memiliki layanan tersebut.

Menyediakan Jasa Layanan untuk Konsumen
jasa layanan pesan antarMenjadi penyedia jasa layanan pesan antar untuk konsumen (pembeli) cocok dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa, atau pun orang-orang yang belum memiliki pekerjaan. Dalam melaksanakan bisnisnya, penyedia jasa menerima order dari konsumen untuk melakukan sesuatu, misalnya membayarkan tagihan telepon, membelikan perabot rumah tangga, membelikan tiket pesawat, mengantarkan barang tertentu ke suatu tempat, dan sebagainya. Upah yang diterima tergantung jarak tempuh dan tingkat kesulitan.

Agar jumlah order yang diterima semakin banyak, maka diperlukan upaya promosi ke banyak tempat, misal memasang iklan di internet, surat kabar, cetak brosur, dan kartu nama bisnis.

Menyediakan Jasa Layanan untuk Perusahaan Tertentu
Jika anda kesulitan memasarkan bisnis jasa anda ke konsumen, maka cobalah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan di seputaran wilayah anda, misalnya bermitra dengan pengusaha-pengusaha rumah makan, pengusaha kue dan bakery, toko-toko, dan perusahaan-perusahaan yang belum memiliki layanan pesan antar. Anda harus bisa menjalankan bisnis lebih profesional karena juga menyangkut citra perusahaan yang menggunakan jasa anda. Beberapa orang yang terjun ke bisnis ini telah sukses menjalin kerjasama dengan banyak perusahaan.

Ada sebuah perusahaan penyedia jasa layanan pesan antar di Jakarta yang menerima order makanan secara online. Melalui sebuah website, mereka memajang aneka menu makanan yang bisa dipesan oleh konsumen. Ketika ada order dari konsumen, mereka mengontak rumah makan atau restaurant yang telah diajak bekerja sama untuk menyiapkan menu makanan yang dipesan konsumen. Hal tersebut tentu merupakan sebuah hubungan yang saling menguntungkan antara para pelaku usaha rumah makan, konsumen, dan si penyedia jasa layanan pesan antar.

Demikianlah sekilas uraian tentang celah bisnis dalam bidang jasa layanan pesan antar. Model manakah yang anda pilih? Salam kerja & usaha...!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait