Gambaran Singkat Berwirausaha Keripik Kentang

Snack berbahan kentang merupakan salah satu cemilan yang digemari di seluruh dunia. Rasanya yang renyah dan gurih menjadikan keripik kentang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat. Saat ini, hampir di setiap negara terdapat produk cemilan berbahan baku kentang, termasuk di Indonesia. Pangsa pasar yang besar, menjadikan peluang usaha memproduksi dan menjual snack berbahan kentang masih terbuka lebar.

Meskipun saat ini di pasaran telah banyak tersedia produk keripik kentang yang bermerek, namun kreativitas rasa yang berbeda dapat menjadi senjata andalan dalam menembus pasar. Bagaimanakah caranya memulai usaha produksi snack kentang? Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini!

Berkreasi Menciptakan Produk Snack Kentang yang Enak
proses produksi keripik kentang
Langkah awal sebelum anda terjun menggeluti wirausaha ini adalah berkreasi menciptakan produk keripik kentang (potato chips) yang benar-benar beda (unik) dari produk serupa yang telah ada di pasaran. Berkreasilah dari segi bentuk (stick, flat, bergelombang, spiral) dan segi rasanya (manis, asam, asin, pedas).

Contoh resep sederhana membuat keripik kentang adalah sebagai berikut: 
Siapkan 4-5 buah kentang yang telah dikupas dan dipotong tipis-tipis. Siapkan dua gelas larutan air hangat dengan menambah cincangan bawang putih satu siung bersama garam sekitar satu sendok makan. Rendam irisan kentang tersebut selama 20-30 menit. Setelah ditiriskan, goreng kentang pada minyak panas bersuhu +150⁰C.

Menyiapkan Peralatan dan Bahan yang Diperlukan
Setelah anda berhasil menciptakan resep produk snack kentang yang enak, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan peralatan usaha. Bahan kentang harus dipilih yang benar-benar bermutu baik. Dalam memilih kentang yang bagus untuk bahan keripik, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan diantaranya: kentang yang baik untuk bahan keripik adalah jenis granola dan tes, berkulit mulus, berukuran besar, tidak terdapat tanda rusak dan busuk, serta padat.

Sementara peralatan utama yang diperlukan untuk memproduksi keripik kentang dalam kapasitas usaha, antara lain: pisau/mesin pengupas dan pengiris kentang yang harganya sekitar 300 ribu rupiah, mesin penggoreng kering (tanpa minyak), serta mesin pengemas (sealing machine) produk.

Menentukan Desain Kemasan, Merek, dan Jangkauan Pemasaran
Jika modal yang anda miliki belum mampu membeli kemasan produk yang “bergengsi”, maka sebagai pemula gunakan saja plastik pembungkus biasa (transparan). Tentukanlah merek yang menarik dan mudah diingat. Sebagai bahan inspirasi, silahkan baca 10 merek yang paling oke! Setelah itu, mulailah melakukan kegiatan pemasaran dan promosi usaha.

Analisa dan Belajar dari Kompetitor 
Sembari menjalankan bisnis keripik kentang tersebut, anda tidak boleh berhenti belajar dan merasa puas. Teruslah melakukan analisa usaha dari pengalaman pribadi dan kompetitor yang sudah eksis, misalnya cita rasa produk. Menurut therichest.com, lima merek potato chips berikut ini adalah yang paling laris di dunia karena cita rasanya yang enak, yaitu Kettle Brand, Utz, Pringles, Ruffles, dan Lay’s. Jadi, cobalah belajar dari produk-produk keripik kentang yang populer tersebut.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait