Cara Kreatif dan Efektif Mempromosikan Produk Usaha

Kreatif, inovatif, dan unik merupakan bagian penting dalam berwirausaha. Banyak pengusaha yang mampu menggapai kesuksesan dalam sekejap mata karena ide dan konsep brilian yang mereka tuangkan menjadi hal yang nyata. Dalam pengembangan inovasi dan kreatifitas tersebut, ternyata bukan hanya berfokus pada penciptaan produk semata, tetapi juga mencakup ke hal-hal penunjang lainnya, salah satunya adalah promosi dan pemasaran. Melakukan kegiatan promosi dengan cara-cara yang unik bertujuan untuk menarik minat para calon konsumen dalam membeli produk yang kita tawarkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini kami sajikan beberapa cara melakukan promosi yang kreatif untuk menarik konsumen dan merperkokoh brand bisnis anda.

PROMOSI USAHAMemanfaatkan Jejaring Sosial dengan Profil Palsu
Jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan LinkedIn saat ini menjadi bagian yang penting dalam dunia usaha. Banyak perusahaan telah memiliki akun jejaring sosial untuk menjalin hubungan di dunia maya dengan para pelanggan dan calon pelanggannya. Namun, satu akun itu saja belumlah cukup untuk memaksimalkan promosi usaha. Diperlukan banyak akun jejaring sosial untuk membantu mempromosikan produk bisnis yang ditawarkan. Oleh karena itu, tak sedikit perusahaan yang menyewa orang-orang untuk membuat akun-akun profil palsu demi membantu kegiatan promosi bisnisnya. Akun berprofil palsu yang seolah-olah merupakan konsumen tersebut berusaha menjalin relasi dengan akun-akun jejaring sosial yang asli.

Kontes Berfoto dengan Produk
Cara promosi ini juga memanfaatkan media sosial, seperti facebook, blog, goolge plus, pinterest, dan sebagainya. Untuk memenangkan kontes, konsumen wajib memajang foto dirinya bersama produk yang dipromosikan. Misalnya pada tahun 2011 lalu, perusahaan lipstik Maybelline menyelenggarakan kontes “Show Us Your Red Lips”. Masyarakat yang berminat, wajib menunjukkan foto bibir indahnya yang memakai produk lipstik Maybelline. Kontes ini mampu menarik lebih dari 10.000 orang pengguna jejaring sosial.

Mengirim Undangan ke Calon Konsumen
Cara ini sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki komunitas tersendiri. Misalnya sebuah toko perhiasan (jewelry) atau butik (fashion) yang telah memiliki data alamat para konsumennya, mengirimkan surat undangan lewat pos untuk memberitahukan tentang kehadiran produk-produk terbaru. Dengan undangan tersebut, para konsumen merasa lebih dihargai, sehingga berpeluang untuk melakukan “deal”.

Prize Donation
Cara ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Setiap orang yang membeli produknya, sekian persen dari omset tersebut akan disumbangkan untuk kegiatan sosial, seperti sumbangan ke fakir miskin, amal bencana alam, membantu pendidikan anak-anak di daerah terpencil, untuk membangun sarana ibadah, dan sebagainya. Promosi dengan cara ini juga membantu meningkatkan citra perusahaan sebagai perusahaan yang peduli sosial.

Menyelenggarakan Event “Gila-gilaan”
Cara ini tentu mampu menyedot perhatian banyak orang. Dengan menyelenggarakan acara yang “wah”, promosi produk bisnis anda menjadi lebih kuat. Namun anda harus siap dengan biaya yang harus dikeluarkan. Ada beragam kegiatan yang bisa diselenggarakan dengan menyesuaikan produk bisnis yang ditawarkan, misalnya jalan santai, menerbangkan balon udara, konser, acara memecahkan rekor, dan event “gila” lainnya.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait