5 Bisnis Rahasia di Indonesia Menjelang Pemilu

Setiap lima tahun sekali, bangsa Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi terakbar dan utama, yakni Pemilihan Umum. Dalam pelaksanaan pemilu tersebut, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, misalnya masa pengenalan partai dan calon wakil rakyat, masa kampanye, pencoblosan, penghitungan suara, dan sebagainya. Dalam masa pemilu tersebut, tentu ada beragam kebutuhan yang harus dipenuhi. Nah, orang-orang yang berjiwa entrepreneur akan berusaha mencari celah bisnis dalam memanfaatkan moment pesta demokrasi tersebut, termasuk pula ketika berlangsungnya pemilihan presiden dan kepala daerah (gubernur-bupati).

Secara umum, ada beberapa jenis bisnis yang prospektif pada masa pemilu, diantaranya adalah usaha percetakan, bisnis periklanan, usaha konveksi, catering, hingga bisnis hiburan. Namun, jika ditelusuri lebih mendalam, ternyata ada lagi peluang bisnis yang sifatnya rahasia dan hanya dilakoni oleh beberapa pihak yang kompeten. Menurut kerjausaha.com, bisnis rahasia pada masa pemilu tersebut antara lain:

bisnis pemilu1. Bisnis Makelar Massa
Bisnis rahasia ini bertugas untuk menggalang massa ketika akan diadakan sebuah kampanye terbuka atau konvoi massa. Bisnis ini muncul dilatarbelakangi oleh mulai enggannya masyarakat dalam mengikuti sebuah acara kampanye. Jika hal ini dibiarkan, maka kemungkinan besar acara kampanye tersebut hanya dihadiri oleh puluhan orang saja. Coba anda bayangkan jika suatu kegiatan kampanye berlangsung sepi (tanpa audiens), tentu hal itu tidak bagus bagi citra partai atau tokoh yang mencalonkan diri. Oleh sebab itu, dibutuhkanlah orang-orang yang ahli dalam menggalang massa. Dalam transaksi bisnis ini, pihak yang berkepentingan (partai atau tokoh politikus) memberikan sejumlah uang kepada tim makelar massa, kemudian tim makelar ini akan terjun langsung ke masyarakat merekrut warga. Warga yang bersedia hadir akan diberikan sejumlah uang (uang makan, uang transport, atau uang lelah). Tim makelar massa akan mendapatkan keuntungan dari selisih total pengeluaran untuk warga dengan jumlah yang diterima dari pemesan.

2. Bisnis Jajak Pendapat (Survey)
Hasil jajak pendapat atau survey dalam dunia politik memiliki peran yang penting dan efektif dalam mempengaruhi opini publik. Oleh karena itu, banyak pihak yang berkepentingan mencoba untuk melakukan "transaksi bisnis" dengan lembaga-lembaga riset (survey) agar bisa mempublikasikan data sesuai dengan yang diinginkan (data yang menyimpang dengan fakta).

3. Bisnis Menjadi Tim Sukses
Untuk memenangkan kompetisi di dunia politik, dibutuhkan pasukan yang banyak, baik itu di dunia nyata maupun juga di dunia maya (online). Di dunia nyata saat ini populer dengan penggunaan jasa SPG (Sales Promotion Girls) untuk mempromosikan calon-calon yang akan bertarung di dunia politik. Oleh karena itu, bisnis penyedia jasa SPG banyak menerima order pada musim kampanye. Sementara itu, dalam bisnis di dunia maya, para "pasukan bayaran" akan mencoba bergelerya membangun opini positif/negatif kepada warga yang aktif di dunia online, misalnya dengan berkomentar di situs-situs terkenal, membuat blog untuk menyanjung pihak yang dibela, membuat akun-akun jejaring sosial berprofil palsu, dan sejenisnya.

4. Jasa Perdukunan
Bisnis rahasia yang juga kinclong di musim pemilu adalah jasa perdukunan. Tak jarang para politikus memerlukan bantuan dukun untuk beragam kepentingan. Misalnya untuk membuka aura di dalam tubuh, mencari jimat kewibawaan, meminta jimat pelindung dari serangan ilmu hitam, dan bahkan untuk urusan ramal-meramal.

5. Bisnis Konsultan Politik
Di Indonesia, saat ini bisnis konsultan di bidang politik nampaknya sudah mulai "buka-bukaan", meskipun para pelakunya masih sering merahasiakannya. Peran konsultan politik adalah membantu para politikus agar bisa tampil bagus sehingga menghasilkan kemenangan. Beberapa tugas konsultan politik antara lain mempermak penampilan, mengajari cara berbicara atau kiat mempengaruhi konsituens, menyiapkan data-data sebelum berkampanye, dan menyiapkan strategi politik. Bisnis konsultan politik dibayar karena menyediakan jasa, dan biasanya sering mendapatkan bonus tambahan jika mampu menghasilkan kemenangan.

Demikianlah sekilas deskripsi tentang ragam bisnis rahasia yang populer menjelang masa-masa pemilihan umum legislatif, termasuk saat pilpres dan pilkada (pilgub/pilbup/pilkades). Semoga menambah wawasan bisnis anda, salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait