Cara Agar Konsumen Membantu Memasarkan Produk Usaha Anda

Untuk meningkatkan omset penjualan, maka strategi pemasaran menjadi faktor yang penting. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemasaran, salah satunya adalah dengan promosi usaha melalui periklanan. Namun, beriklan untuk memasarkan produk bisnis ke calon konsumen ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit. Anda harus membuat perencanaan matang agar kampanye iklan yang anda lakukan benar-benar efektif, sehingga menghasilkan return yang diharapkan. Tetapi jika modal usaha yang anda miliki masih belum mampu menutupi biaya advertising tersebut, maka hal ini bisa menjadi kendala yang memusingkan kepala. Strategi lain yang juga biasanya dilakukan oleh para pengusaha dalam memperluas pemasaran adalah dengan membentuk tim marketing. Namun jika jumlah personil dari tim marketing yang anda bentuk masih terbatas, maka hal ini juga menjadi hambatan yang menantang.

Bila kondisi-kondisi demikian menerpa bisnis anda, mungkin alternatif lain yang bisa anda upayakan dalam meningkatkan pemasaran produk usaha anda adalah dengan memanfaatkan para konsumen (pelanggan) anda agar bersedia secara sukarela (seolah-olah) menjadi bagian dari tim marketing bisnis anda. Bagaimanakah hal ini bisa dilakukan? Silakan simak tips-tips berikut ini!

pelanggan tim marketing1. Buat Produk Berkualitas
Untuk menerapkan strategi ini, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah membuat produk yang benar-benar berkualitas. Dengan menciptakan dan menghadirkan produk yang inovatif, bernilai tinggi, serta memenuhi keinginan konsumen, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya periklanan yang besar atau membentuk tim marketing yang banyak. Produk yang berkualitas akan lebih mudah menarik konsumen serta akan lebih sering diperbincangkan dari mulut ke mulut, sehingga strategi pemasarannya cukup sederhana saja yaitu From Mouth To The World.

2. Penuhi Kepuasan dan Rasa Bangga Konsumen
Selain memiliki produk yang bagus, hal berikutnya yang juga harus anda lakukan adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen anda. Bila mereka puas dan merasa bangga dengan layanan bisnis dan produk tersebut maka dengan sendirinya (tanpa perlu anda minta), mereka akan menyarankan dan mengarahkan calon konsumen lain (misal sahabat dan kerabat mereka) untuk menuju ke tempat usaha anda.

3. Jalin Hubungan Simbiosis Mutualisme
Untuk memperkuat daya marketing yang dilakukan oleh para pelanggan, anda sebaiknya mengadakan program yang saling menguntungkan, mungkin boleh dibilang sebagai afiliasi atau kemitraan kecil-kecilan. Misalnya seorang pelanggan lama yang mampu mengajak dua atau tiga konsumen baru ke tempat usaha anda akan diberi imbalan reward, diskon, dan sejenisnya.

4. Beri Hadiah Barang yang Juga Berfungsi sebagai Media Promosi
Apakah anda berencana akan memberikan hadiah kepada para pelanggan lama atau pelanggan baru anda? Jika ya, sebaiknya anda memberikan hadiah berupa barang-barang yang berguna bagi kehidupan mereka sekaligus bisa membantu mempromosikan brand bisnis anda. Misalnya hadiah berupa gantungan kunci motor, payung cantik, mug keramik, tas gaul atau baju yang berlogokan merek produk usaha anda. Jika mereka menggunakan hadiah tersebut di tempat-tempat umum, maka tanpa disadari bisnis anda sedang dipromosikan. 

Demikianlah kiat-kiat dalam mengupayakan para konsumen menjadi salah satu bagian dari agen relawan pemasaran produk usaha anda. Jika anda sukses menerapkannya, maka anda dapat menghemat budget marketing sekaligus melipatgandakan jangkauan pangsa pasar bisnis anda. Salam kerja dan usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait