7 Jenis Kerja Sambilan (Part Time Job) yang Cocok untuk Pensiunan

Banyak orang yang menganggap bahwa masa pensiun adalah masa istirahat, masa dimana orang-orang sudah tidak produktif lagi. Namun, menurut hasil survey yang dilakukan oleh Career Builder (dot) com, diperoleh data bahwa lebih dari 60% para pensiunan ingin tetap bekerja dan menjalankan aktivitas yang produktif, misalnya mengelola bisnis kecil-kecilan, atau melakukan kerja sambilan. Nah, jika anda termasuk orang yang tengah memasuki masa pensiun, tetapi tetap bergairah untuk produktif, mungkin keenam jenis pekerjaan (bisnis) berikut ini bisa menjadi alternatif bagi anda.

1. Konsultan Freelance
pekerjaan masa pensiun
Menjadi seorang konsultan memerlukan keahlian dan wawasan yang memadai. Setiap nasihat dan pertimbangannya menjadi bahan rujukan bagi pihak-pihak yang memakai jasanya. Nah, bagi para pensiunan yang punya pengalaman yang bagus dalam karir hidupnya, bisa berpeluang menjadi seorang konsultan freelance untuk pihak-pihak yang ingin memanfaatkan bekal pengalaman dan wawasan hidupnya yang pernah ia kuasai pada masa puncak keemasan.

2. Pekerjaan yang Sama, Namun Lebih Ringan
Pilihan kedua yang sering dilakukan para pensiunan untuk mengisi masa tuanya adalah tetap melakukan pekerjaan atau bisnis serupa, namun dengan intensitas yang lebih ringan.

3. Riset dan Peneliti untuk Pebisnis dan Dunia Pendidikan
Para lembaga penelitian, riset, dan organisasi pendidikan sering membutuhkan tenaga-tenaga ahli yang punya basic dan pengalaman yang memadai untuk kepentingan riset, ilmu pengetahuan, dan sebagainya sesuai dengan bidang yang dikuasai. Banyak orang yang telah pensiun dari karier dan bisnisnya mencoba tetap eksis dengan berbagung dalam lembaga-lembaga tersebut.

4. Meng'anak-pinang'kan Uang Pensiunan
Hal lain yang bisa dilakukan oleh pensiunan untuk tetap menghasilkan uang di masa-masa tua adalah memutar uang (tabungan) pensiunan ke dalam bentuk lain, misalnya investasi emas, saham, forex, atau cara lain yang bisa beranak pinang.

5. Menjadi Guru atau Tutor (Pembicara Nara Sumber)
Jika anda termasuk pensiunan yang punya pengalaman dan prestasi kerja yang membanggakan, maka anda bisa dengan mudah mencari pekerjaan sambilan. Salah satu diantaranya adalah sebagai guru (pengajar), dosen, tutor, atau menjadi nara sumber dalam seminar-seminar tertentu.

6. Bisnis Terkait Hobi
Jika anda punya tabungan yang mencukupi dalam masa pensiun, mungkin anda sebaiknya membangun bisnis yang terkait dengan hobi anda. Misalnya bisnis florist (tanaman hias) untuk yang suka bercocok tanam, bisnis pet shop untuk orang yang suka memelihara binatang, bisnis makanan bagi yang gemar kuliner, dan sebagainya. Dengan membangun bisnis yang sesuai dengan minat dan kegemaran anda, tentu tak akan menjadi beban yang serius di masa-masa tua anda sembari menjalankan sebuah bisnis.

7. Menjadi Penulis
Kegiatan yang juga mampu menghasilkan uang saat masa-masa tua anda adalah dengan menjadi penulis, baik lewat media online maupun secara offline seperti menerbitkan buku geografi, kolumnis di media cetak, dan lainnya. Untuk memuluskan kesuksesan anda menjadi seorang penulis, tentu anda harus cakap menguraikan pengalaman dan wawasan anda terkait dengan bidang yang anda empu.

Demikianlah beberapa ragam profesi yang cocok dikerjakan saat menjalani masa-masa pensiun anda. Semoga tetap bersemangat, dan salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait