10 Jenis Usaha yang Cocok Dibangun di Dekat Kampus

Apakah rumah tempat tinggal anda dekat dengan kampus? Apakah anda berencana untuk membangun bisnis di lokasi yang dekat dengan kampus? Jika ya, maka sebaiknya anda harus cermati terlebih dulu beberapa ragam jenis bisnis yang cocok dan menguntungkan bila didirikan di seputaran kampus. Kuncinya adalah bisnis yang mampu memenuhi segala kebutuhan para mahasiswa dan berbagai keperluan untuk kegiatan kampus. Menurut kerjausaha.com, berikut ini adalah 10 jenis usaha yang cocok dibangun di sekitaran kampus dan atau di dekat pusat lembaga pendidikan.

1. Membuka Usaha Kafe
Kafe merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh para kaula muda termasuk mahasiswa. Ketika break, kafe menjadi tempat yang nyaman bagi mahasiswa untuk melepas penat atau untuk berdiskusi membahas tugas. Jadi, jika anda ingin membuka usaha kafe sediakanlah menu-menu variatif dan juga fasilitas free wifi. Pada link berikut anda bisa membaca konsep kafe-kafe unik yang mungkin bisa menjadi inspirasi anda.

Ilustrasi: Marymount University
2. Usaha Percetakan
Jenis bisnis yang juga cukup potensial mendatangkan keuntungan adalah usaha percetakan. Keperluan mahasiswa akan fotokopi dan penjilidan dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer. Jika anda ingin mengetahui lebih mendasar tentang cara membuka usaha percetakan anda bisa menuju link ini!

3. Kos-kosan
Kebutuhan akan tempat tinggal bagi para mahasiswa yang berasal dari luar daerah merupakan celah bisnis yang cukup potensial. Anda bisa menggunakan kamar yang kosong pada rumah anda untuk disewakan atau jika punya modal yang cukup memadai anda bisa membangun rumah kos.

4. Rental Internet (Warnet)
Meskipun saat ini akses internet dapat dilakukan lewat ponsel, namun animo mahasiswa untuk surfing internet lewat komputer boleh dibilang tetap tinggi. Berinternet lewat handphone tidak semaksimal ketika menggunakan komputer, apalagi untuk mengerjakan tugas dari dosen. Hal ini menandakan bahwa bisnis rental internet yang dibangun di dekat kampus masih cukup potensial untuk mendatangkan keuntungan.

5. Bisnis Pulsa
Bagi sebagian besar mahasiswa, handphone menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki. Bukan hanya untuk urusan komunikasi saja, tetapi juga sebagai penunjang mode. Bahkan tak jarang banyak mahasiswa yang menenteng handphone hingga 2-3 unit. Inilah yang mendasari berbisnis pulsa pada sekitaran kampus menjadi bisnis yang cukup oke dilakoni.

6. Jasa Laundry
Kesibukan mahasiswa akan tugas-tugasnya dan aktivitas lain di luar kampus membuat mereka seringkali tidak sempat untuk mengurus masalah cuciannya. Nah, jasa loundry menjadi bisnis rumahan yang sangat profitable. Lihat panduan membuka bisnis jasa laundry di sini!

7. Usaha Catering
Di kampus sering kali diadakan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan makanan paket, misalnya seminar-seminar, rapat mahasiswa dan dosen, kegiatan lomba dan bakti sosial, hingga yang rutin dilakukan adalah wisuda. Oleh sebab itu, katering menjadi salah satu kebutuhan yang vital dalam acara-acara di kampus.

8. Toko Buku
Meskipun di kampus telah tersedia gedung perpustakaan dengan koleksi buku yang melimpah, namun biasanya kurang up to date. Nah, dengan menyediakan buku-buku yang belum ditunjang di perpustakaan, maka membuka toko buku di seputaran kampus menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

9. Jasa Pengetikan dan Rental Komputer
Jasa pengetikan dan rental komputer merupakan sebuah bidang usaha yang cukup lancar mendatangkan uang. Meskipun banyak mahasiswa yang telah menjinjing laptop ke kampus, bukan berarti mereka akan selalu punya waktu untuk mengerjakan (mengetik) tugas-tugas yang diberikan dosen. So, bila anda punya kemampuan mengetik cepat dan memiliki beberapa perangkat komputer, maka usaha ini cukup bagus dijalankan di seputaran kampus.

10. Penjualan Produk-produk Penunjang
Penjualan produk produk khusus ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa-mahasiswi sesuai dengan jurusan mereka masing-masing. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa pada jurusan Pendidikan Jasmani, anda memajang produk produk kebutuhan olahraga; pada jurusan seni rupa, anda menjual kuas dan cat air; bagi mahasiswa jurusan bahasa disediakan kaset toefel, dan sebagainya. Jadi sesuaikanlah dengan ragam jurusan yang ada di kampus tersebut.

Demikianlah beberapa jenis bisnis yang cocok didirikan di dekat kampus. Semoga mampu menggali serta memberi inspirasi usaha anda. Salam kerja dan usaha..!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait