Wirausaha Kerajinan dari Pecahan Kaca Bekas

Mengolah sampah menjadi produk yang bermanfaat memerlukan ide inovatif dan kreatifitas tinggi. Untuk terjun dalam wirausaha pengolahan barang bekas menjadi barang berguna adalah pekerjaan yang mulia dan ikut mendukung wacana "green world".  Ada banyak jenis sampah dan barang bekas yang bisa anda manfaatkan sebagai salah satu sumber penghasilan, salah satunya adalah sampah atau produk bekas dari bahan kaca.

Apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari sampah-sampah berbahan kaca?
Bagi orang-orang yang punya modal besar, bisa mengolah kaca-kaca bekas untuk dilebur dalam tungku peleburan kaca (furnace) lalu dicetak menjadi produk tertentu. Sementara yang punya modal minim, maka usaha yang tepat adalah mengolah kaca bekas tersebut menjadi kreasi produk kerajinan yang estetik. Berikut ini adalah beragam jenis produk yang memanfaatkan limbah kaca menjadi produk yang bernilai ekonomis:

Pajangan Dinding
Membuat hiasan dinding dari bahan pecahan kaca membutuhkan kecermatan dalam membentuk pola desain. Seperti gambar di bawah ini, tampak produk hiasan dinding berupa replika gitar dibuat dengan konsep unik dan menarik. 
kerajinan dari kaca bekas pecah
Selain berfungsi sebagai pajangan, juga dapat dipakai sebagai cermin untuk berhias. Alat dan bahan yang diperlukan cukup mudah diperoleh, diantaranya papan triplek, pecahan kaca, lem, cat warna, gergaji dan alat pemotong kaca yang bisa anda beli dengan harga sekitar 200-500ribu rupiah. Cara membuatnya tidaklah terlalu sulit. Buat desainnya, potong papan triplek, potong pecahan-pecahan kaca dari beragam corak warna (jika hanya punya kaca bening, maka untuk mendapatkan ragam kaca dengan corak bagus, dicat saja). Langkah berikutnya adalah menempelkan pecahan-pecahan kaca tersebut dengan lem pada papan triplek yang telah dipotong sesuai pola (misal berbentuk gitar). Langkah akhir adalah finishing berupa pengecatan dengan vernis atau cat sejenisnya. Dan produk pun siap dipasarkan!

Hiasan Meja
anda dongkrak nilai jualnya dengan hiasan mozaik dari pecahan beling-beling tersebut. Untuk membuatnya, diperlukan alat-alat yang tidak terlalu sulit anda peroleh, diantaranya lem dan cat. Proses pembuatannya pun cukup mudah, yang terpenting adalah bisa memadu padankan pecahan-pecahan kaca tersebut sehingga membentuk motif yang cantik.

Produk Souvenir
Untuk membuat miniatur berbahan kaca tersebut, diperlukan alat pemotong kaca (bentuk persegi dan bulat). Selain itu lem kaca juga dibutuhkan untuk membentuk sebuah susunan miniatur. Daya imajinasi yang tinggi dan keterampilan tangan anda akan menentukan kesuksesan produk yang diciptakan tersebut.

Demikianlah sepintas wirausaha pengolahan kaca bekas menjadi produk bernilai ekonomis. Semoga dapat memberi inspirasi bisnis anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait