Tips Memilih dan Menyewa Kantor Virtual

Kantor Virtual atau virtual office adalah konsep baru yang inovatif dalam dunia bisnis. Kantor virtual merupakan sebuah "ruang kerja atau gedung kantor" yang berlokasi di dunia maya (internet). Dengan kantor virtual tersebut, para pebisnis dan pegawainya bisa bekerja di mana saja lewat jalur online tanpa harus memiliki gedung perkantoran yang nyata. Kehadiran kantor virtual memberi banyak manfaat, khususnya bagi pelaku bisnis pemula (start up) dan UKM yang tidak memiliki cukup modal untuk membeli atau membangun gedung yang representatif.

dan partner bisnis anda tanpa harus dipusing-pusingkan mengurus perawatan gedung kantor, biaya listrik, urus IMB, dan sebagainya, karena semua itu telah ditangani oleh perusahaan penyedia jasa sewa kantor maya tersebut. Lalu dimanakah kita bisa mendapatkan layanan aplikasi kantor virtual tersebut? Saat ini di Indonesia, khususnya di kota-kota besar ada banyak perusahaan yang menyediakan space untuk kantor virtual yang bisa anda sewa dalam kurun waktu tertentu (bulanan atau tahunan). Untuk memilih dan menyewa kantor virtual yang oke bagi bisnis anda diperlukan kecermatan yang mendalam. Menurut kerjausaha.com, beberapa kiat yang harus anda cermati antara lain, sebagai berikut.

1. Perhatikan Kelayakan Tempat dan Gedungnya
Salah satu hal yang ingin didapatkan oleh penyewa kantor virtual adalah kesan yang baik, profesional dan prestise di mata konsumen, klien dan mitra bisnisnya. Oleh karena itu, sebagai penyewa, anda harus cermati apakah alamat pusat kantor virtual anda berada di gedung yang bagus dan representatif? Jangan sampai kantor virtual yang anda sewa berada di dalam gedung perkantoran tua atau sebuah rumah biasa yang dipermak dan dipaksakan menjadi desain kantor. Jika konsumen maupun klien anda mengunjungi alamat kantor tersebut dan menyaksikan bahwa bangunan gedung kantor anda telah terlihat kurang layak, maka akan membuat citra negatif bagi bisnis anda.

2. Perhatikan Kestrategisan Lokasinya
Kantor virtual yang bagus umumnya berlokasi di kawasan pusat bisnis atau di dalam gedung yang memang diperuntukkan untuk pusat perkantoran dan dapat menjamin keabsahan legalitas anda ketika anda membutuhkan alamat kantor yang akan dicantumkan pada dokumen-dokumen bisnis, kartu perusahaan, administrasi, keperluan promosi, dan lainnya.

3. Menyediakan Dukungan Sarana yang Memadai
Dalam kondisi tertentu, sering kali klien dan mitra bisnis anda ingin mengadakan pertemuan bisnis di kantor anda. Nah, dalam memilih perusahaan penyedia jasa kantor virtual, anda harus cermati apakah pada gedung tempat kantor virtual anda terdapat sarana-sarana yang mendukung hal tersebut, seperti ruang meeting yang besar, personil resepsionis, jasa office boy, dan ruang tunggu? Kelengkapan sarana pendukung tersebut sedikit tidaknya akan mempengaruhi profesionalitas usaha anda.

4. Ketahui Fasilitas Teknologi Pendukungnya
Hal yang cukup vital dalam mengaplikasikan kantor virtual bagi bisnis anda adalah fasilitas teknologi pendukungnya, khususnya fitur telephony, misalnya resepsionis jarak jauh yang akan menerima telepon dari klien anda kemudian menyambungkan ke ponsel anda, asisten virtual yang membantu anda menangani masalah administrasi perusahaan anda secara jarak jauh, call center yang seolah-olah merupakan pegawai anda, fitur dedicated phone line, dan sejenisnya. Dengan fitur teknologi yang canggih dan profesional yang disediakan oleh pihak perusahaan kantor virtual, maka kinerja bisnis anda tidak akan terganggu karena hanya masalah teknis.

5. Menjamin Keabsahan dan Legalitas Bisnis Anda
Sebelum anda memutuskan untuk menyewa sebuah kantor virtual, teliti terlebih dahulu apakah perusahaan penyedia jasa kantor virtual tersebut telah memiliki izin usaha. 
Jasa layanan sewa kantor yang baik adalah mampu menjamin keabsahan dan legalitas bisnis anda ketika dikunjungi oleh klien, perbankan, parter bisnis, pihak pemerintah, dan sebagainya.

6. Bandingkan Harga dan Paket Promonya
Tips terakhir ketika anda berencana menyewa sebuah kantor virtual adalah membandingkan harga dan promosi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan penyedia layanan virtual office. Cermati paket-paket harga yang ditawarkan, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda. Misalnya paket sewa Rp 200ribu/bulan; Rp 400ribu/bulan; Rp 5 juta/tahun, dan pilihan lainnya. Jangan sampai anda memilih paket super komplit, tetapi beragam fasilitas dan fiturnya kurang begitu penting bagi bisnis anda.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait