Rumus Menjadi Pengusaha Sukses versi Ilmu Kimia

Dalam perjalanan hidup sebagai seorang pengusaha, tentu masing-masing orang memiliki sebuah pegangan, sudut pandang, dan motivasi yang menjadikan dirinya kuat dan teguh menjalani lika-liku bisnisnya. Sebagian diantaranya ternyata mempunyai resep dan kiat rahasia agar bisa meraih kesuksesan sebagai seorang entrepreneur. Jika diibaratkan dengan sebuah rumus, mereka punya formula tertentu yang sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang special, tetapi lebih karena mereka konsisten melakoninya.

RUMUS KIMIA SUKSESBila anda bertanya kepada seorang ahli kimia tentang cara menjadi pengusaha sukses, mungkin jawaban yang akan diberikan tak jauh berbeda dengan sekumpulan rumus reaksi kimia. Secara umum ada 4 jenis reaksi kimia, yakni reaksi pembentukan, penguraian, penggantian, dan metatesis. Seperti apakah hubungan persamaan rumus reaksi kimia dengan dunia bisnis? Berikut merupakan sekilas uraiannya menurut versi kerjausaha.com:

1. Reaksi Pembentukan (Kombinasi)
Reaksi kombinasi yaitu reaksi yang terjadi antara senyawa yang sederhana bergabung menjadi senyawa yang kompleks. Contoh reaksi kombinasi adalah pembentukan air yang berasal dari penggabungan dua unsur berbeda, yakni hidrogen dan oksigen. Persamaan reaksinya dapat anda lihat pada gambar berikut:
reaksi pembentukan
Berdasarkan persamaan reaksi pembentukan air tersebut, maka dapat kita substitusi unsur-unsur kimianya menjadi unsur-unsur dalam dunia bisnis, seperti yang tampak pada gambar di atas. Jadi untuk mendapatkan High Output (hasil tinggi), diperlukan unsur Hardwork (kerja keras) dan rasa Optimisme.
2. Reaksi Penguraian (Dekomposisi)
Reaksi dekomposisi yaitu reaksi yang terjadi antara senyawa yang kompleks terurai menjadi senyawa yang sederhana. Contoh reaksi dekomposisi ini adalah penguraian senyawa amonia menjadi gas nitrogen dan hidrogen, seperti yang tergambar berikut ini:
reaksi penguraian
Jika kita bandingkan dalam dunia kewirausahaan, maka dapat dideskripsikan persamaan rumus bisnisnya seperti gambar di atas. Jadi dengan keramah-tamahan yang bagus (Nice Hospitality), tentu dapat membuat bisnis anda memiliki jaringan (Network) yang luas dan harapan (Hope) akan kesuksesan.

3. Reaksi Penggantian (Substitusi)
Reaksi substitusi adalah rekasi yang terjadi karena senyawa-senyawanya tertukar tetapi hanya salah satunya. Contohnya pada reaksi kimia antara unsur atom Litium dengan Asam Klorida (HCl) yang menghasilkan Litium Klorida (LiCl2) dan gas Hidrogen (H2). Bila kita umpamakan dalam dunia bisnis maka reaksi substitusi tersebut dapat kita baca sebagai:
reaksi substitusi
Like + HelpClient --> LittleClash + Hoki , artinya jika anda senang membantu klien-klien anda, maka hasilnya adalah sedikit keluhan/perselisihan dan bisnis anda dipenuhi hoki (keberuntungan).

4. Reaksi Metatesis
Reaksi metatesis adalah reaksi yang terjadi pada senyawa yang kedua kation dan anionnya saling bertukar. Contohnya pada perak bromida (AgBr) dicampur dengan Tembaga (Cu) menghasilkan Perak (Ag) dan tembaga bromida (CuBr).
Bila reaksi tersebut diibaratkan dalam dunia kewirausahaan, maka dapat dijelaskan bahwa dengan Aggressife Brand yang Cute (cakep) akan mampu membawa bisnis anda pada Aglory (kejayaan) dan Culminate Bright (berujung cerah).

Demikian sekilas rumus-rumus reaksi kimia yang diperumpamakan dalam dunia entrepreneurship, semoga dapat memberi motivasi dan inspirasi untuk usaha dan kerja anda. Salam sukses..!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait