Mengenal Profesi Baywatch

Apakah anda pernah menonton serial film keren di era tahun 90an tentang penjaga pantai yang dibintangi oleh David Hasselhoff? Ya, judul serial tv tersebut adalah Baywatch yang berkisah tentang orang-orang yang berprofesi sebagai tim penyelamat di pantai. Jika anda pernah mengunjungi pantai Kuta, Bali, tentu anda juga dapat menyaksikan beberapa orang laki-laki yang berprofesi serupa. Mereka akan selalu siap sedia mengawasi situasi pantai dan memperhatikan orang-orang yang berenang di deburan ombak pantai pulau Bali agar tetap aman dan selamat.

Apakah anda ingin mengenal lebih dekat tentang seluk-beluk seorang baywatch? Situs kerjausaha.com mencoba menguraikan sekilas tentang pekerjaan penjaga keselamatan di pantai ini.

baywatch penjaga pantai
Baywatch lifeguards adalah sebuah profesi yang bertugas menjaga para pengunjung yang melakukan aktivitas rekreasi di kawasan perairan pantai. Di Indonesia, profesi ini disebut dengan Balawista (Badan Penyelamat Wisata Tirta). Untuk menjadi anggota Balawista, seseorang harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu, khususnya kekuatan fisik dan mental. Setiap calon anggota wajib menempuh ujian fisik dan mental untuk mendapatkan sertifikat keanggotaan Balawista. Perekrutan dan regenerasi anggota dilakukan secara periodik sesuai dengan kebutuhan kawasan wilayah pantai. Jenis ujian yang diadakan misalnya tes kemampuan berenang 400 meter, lari cepat, praktik penyelamatan, dan sejenisnya. Jika memenuhi persyaratan, calon anggota akan menjadi bagian dari organisasi Badan Penyelamat Wisata Tirta.

Organisasi Balawista di Indonesia, contohnya Balawista Badung merupakan anggota International Life Saving Federation dengan berpegang pada prinsip-prinsip organisasi ILS, yaitu: kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan. Balawista dianggap sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan di bidang kemanusiaan dan bertugas untuk membantu pemerintah secara sukarela, khususnya pada kawasan wisata tirta. Organisasi ini umumnya berada di bawah naungan Kepala Daerah (Bupati/Gubernur) dengan sumber pendanaan, misalnya untuk gaji dan biaya opersional berasal dari anggaran pemerintah daerah dan sumbangan masyarakat atau perusahaan.

balawista

Apa saja tugas seorang Balawista (baywatch)? Ada beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan seorang Balawista dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, antara lain: mengamati keadaan cuaca dan situasi kawasan perairan, menentukan dan memberi tanda tentang situasi aman atau tidaknya  bagi para pengunjung, memberi larangan atau memperbolehkan para pengunjung untuk berekreasi di kawasan air, dan yang terpenting memberi bantuan pertolongan kepada para pengunjung yang sedang terancam jiwanya di kawasan wisata tirta tersebut.

Menjadi seorang "penyelamat pantai" ternyata merupakan pekerjaan yang penuh resiko. Mereka harus berjuang menyelamatkan nyawa orang lain di tengah kondisi alam yang  juga mengancam hidupnya. Lalu berapa gaji seorang baywatch di Indonesia?

Para anggota Balawista biasanya merupakan tenaga sukarelawan yang gajinya berasal dari honor daerah, besarannya tergantung kebijakan masing-masing Pemda. Sementara gaji seorang baywatch lifeguards di California (Amerika Serikat) diberi penghasilan yang cukup lumayan, yakni sekitar $70.000/year atau lebih kurang 700juta rupiah setiap tahunnya. Apakah anda tertarik menjadi seorang penjaga keselamatan di pantai? (Sumber gambar: Nicholas Crosskill)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait