5 Tips Memilih Jenis Mobil untuk Bisnis Travel

Mobil merupakan benda yang paling penting bagi pebisnis yang bergelut di bidang jasa traveling. Kenyamanan penumpang terhadap kondisi kendaraan yang mengangkutnya akan menjadikan perjalanan terasa lebih menyenangkan. Untuk itulah, memilih moda transportasi yang oke akan menjadikan bisnis travel anda lebih ternama dan populer. Mengingat jumlah type dan merk mobil di pasaran sangat beragam, maka anda sebaiknya lebih cermat memilih jenis mobil untuk usaha travel anda.

Lalu, bagaimanakah caranya?? Mungkin tips-tips dari kerjausaha.com ini bisa memberi sekilas gambaran dan inspirasi untuk anda:

memilih mobil travel1. Ketahui Segmen Bisnis Anda
Sebelum memilih moda transportasi, cermati terlebih dahulu kategori bisnis tour and travel anda. Apakah sebagian besar pelanggan anda adalah kategori keluarga yang hanya butuh mobil kecil atau kategori kelompok rombongan yang lebih sering membutuhkan mobil jumbo (bus). Dengan mencermati hal tersebut, anda telah memiliki gambaran awal tentang jenis mobil yang akan anda beli (small SUV, MPV, minibus, bus besar, dan sebagainya).

2. Pilih Kendaraan yang Nyaman 
Pertimbangan berikutnya ketika berencana membeli mobil untuk bisnis travel anda adalah memilih kendaraan yang irit - efesien dengan bahan bakar. Mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk merek-merek berikut ini yang dikenal sebagai mobil irit minyak, antara lain: Nissan Grand Livina, Honda Jazz I-DSI, Suzuki SX-4, Toyota Vios, Hyundai Getz, Karimun Wagon R, Ertiga, Xenia, Avanza, Kia Picanto, Daihatsu Ayla, Minubuss Espass, Hino Bus RN 285, Mercedes Bens OH 1525, dan lain sebagainya. Pokoknya yang penting "Nyaman di hati, nyaman di kantong", artinya tenang saat digunakan di perjalanan, tenang pula saat kembali ke kandang karena tidak menguras dompet.

3. Pertimbangkan Mobil yang Punya Teknologi Inovatif dan Fitur Menarik
Saat ini telah banyak diproduksi mobil-mobil yang dibekali dengan berbagai fasilitas dan fitur menarik. Misalnya keluarga motor Ford Explorer punya fitur Sync dan MyFord Touch, Toyota punya EnTune multimedia system dan juga Dinamic Radar Cruise Control untuk menyesuaikan kecepatan terhadap lalu lintas di depannya. Selain itu, satu jenis fasilitas yang dapat menjadi penunjang kenyamanan para penumpang adalah jaringan wifi di dalam mobil. Penting atau tidakkah hal tersebut tergantung kebutuhan pelanggan anda. Kelegaan ruang juga patut anda perhatikan agar lebih ekonomis mengangkut barang-barang tertentu yang dibawa customer anda.

4. Pastikan Suku Cadang dan Bengkel Resminya Tersedia di Daerah Anda
Banyak orang mengeluh karena suku cadang ataupun bengkel resmi kendaraan yang dipilihnya sangat sulit ditemukan.
tips memilih mobil travel
Jadi, agar anda tidak bepergian jauh karena hal tersebut, maka cari tahu dulu merk-merk apa saja yang suku cadangnya mudah diperoleh dan bengkel resminya representatif di wilayah anda.

5. Sesuaikan Budget Anda
Hal terakhir yang menjadi muara dari tips ini adalah "seberapa besar anggaran anda?" Jika anda punya modal 200 juta rupiah ke bawah, mungkin anda tidak bisa mendapatkan mobil yang handal dan memiliki banyak keunggulan. Atau jika anda memang telah tergoda dengan brand tertentu sedangkan budget anda belum cukup, mungkin anda bisa mencicilnya sembari terus kerja keras membesarkan bisnis travel anda. Demikian sekilas kiat-kiat memilih mobil untuk bisnis jasa perjalanan anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait