5 Contoh Tanda Tangan yang Sebaiknya Dihindari Pebisnis

Tanda tangan (signature) adalah suatu bentuk sidik jari (fingerprint) manusia yang dituangkan dalam karakter tulisan (goresan pena). Tanda tangan merupakan simbol identitas diri seseorang dan dianggap seperti segel. Setiap orang tentu memiliki karakter tanda tangan yang khas, unik, dan berbeda dari lainnya. Demikian juga dengan Anda! Namun, apakah bentuk goresan tandatangan anda telah memiliki aura positif atau hoki untuk karir atau bisnis anda?

Banyak orang percaya bahwa sebuah coretan paraf yang menjadi karakteristik goresan tangan seseorang dapat menentukan bagaimana perjalanan kariernya. Ilmu membaca karakter tanda tangan ini disebut dengan Grafologi, dan para ahlinya disebut Grafologis. Para graphologist biasanya mendeskripsikan karakter tanda tangan seseorang dengan mengamati bentuk tulisan, tebal tipis goresan, coretan garis lurus dan lengkungan, posisi titik, karakter special, dan sebagainya. Jika diprediksi kurang baik, grafologis akan memberikan saran untuk mengubah atau mengganti bentuk tanda tangan yang tepat. Nah, dikutip dari handwritinguniversity.com, inilah lima contoh bentuk tanda tangan yang sebaiknya anda hindari untuk diterapkan:

1. Model Tanda Tangan Tercoret
tanda tangan usaha
Bentuk tanda tangan dengan karakter tercoret, baik secara vertikal maupun horizontal, adalah konsep tandatangan yang kurang baik. Coretan berupa garis lurus tegas, mendatar maupun vertikal, yang menutupi karakter utama tanda tangan anda mengandung unsur negatif, yaitu mencirikan kurang percaya diri dan suka menyalahkan (diri sendiri, orang lain, ataupun keadaan lingkungan). Oleh sebab itu, sebaiknya hentikan coretan garis melintang tersebut atau ubah posisinya menjadi di bawah karakter utama sebagai perwujudan pondasi rasa confidence anda!

2. Karakter Tanda Tangan yang Terlalu Kecil
Ukuran sebuah tanda tangan yang digoreskan pada kertas umumnya memiliki tinggi 2-3 baris pada buku tulis biasa (buku tulis siswa).
paraf bisnis
Hal ini tentu tidak baik bagi jenjang karier anda. Jadi, usahakan memperbesar ukuran tanda tangan anda, tapi jangan terlalu besar sehingga melebihi ukuran karakter tanda tangan bos anda.

3. Goresan Tanda Tangan Kembali (Berbalik Arah)
Dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah Trace-Back Signature. Banyak orang yang memiliki karakter tanda tangan seperti ini. Ketika ia menggoreskan tanda tangan dari kiri ke kanan, kemudian dilanjutkan lagi (tanpa mengangkat penanya) berbalik arah membuat garis bawah dari kanan ke kiri. Dalam grafologi, hal ini mencerminkan sikap kehidupan yang selalu dibayangi oleh masa lalu.
tanda tangan yang hoki
Namun terkungkung masa lalu hanya akan membuat kita tidak berani melangkah sehingga sulit mengembangkan karir dan bisnis kita. Jadi cobalah membiasakan membuat karakter garis bawah dari kiri ke kanan, bila konsep tanda tangan anda dari kiri ke kenan!

4. Bentuk Tanda Tangan Kamuflase
Kamuflase bermakna samar-samar yang mendeskripsikan ketidakjelasan langkah kita. Pada contoh gambar ini diperlihatkan karakter awal terkesan kurang jelas karena mencirikan sebagai huruf a atau o. Selain itu, konsep lingkaran yang mengawali wujud paraf tersebut dimaknai oleh para grafologis sebagai upaya protektif dan defensif yang berlebihan sehingga sulit bergaul dengan orang baru. Hal ini tentu kurang bagus bagi seorang entrepreneur dalam membangun dan mengembangkan jaringan bisnisnya.

5. Coretan Cakar Ayam
Apakah anda pernah melihat jejak cakar-cakar ayam di atas tanah? Apakah goresan cakar ayam tersebut mirip dengan tanda tangan anda? Banyak orang yang memiliki bentuk tanda tangan seperti tulisan cakar ayam. Jika anda melihat gambar ini, nampak bahwa karakter tanda tangan tersebut terkesan dibuat terburu-buru. Dalam dunia kerja, hal ini mengindikasikan bahwa orang tersebut memiliki karakter tergesa-gesa namun tidak mampu menyelesaikan tugas yang diembannya, sehingga sering dianggap sebagai orang yang kurang bertanggung jawab. Jadi, ubahlah bentuk tanda tangan anda agar terlihat menyatu, pelan tapi pasti!

Tips membuat tanda tangan yang bagus:
Buatlah karakter tanda tangan yang mencerminkan nama anda, dengan tulisan yang konsisten dan dapat dibaca. Hindari mencoret (melintang)  tanda tangan anda, dan biasakan jika membuat garis bawah (pondasi) searah dengan awal anda menulis. Selain itu, ukuran tanda tangan sebaiknya lebih besar dari tulisan biasa anda. Banyak orang sukses yang memiliki bentuk tanda tangan dari kiri ke kanan dengan sedikit agak miring ke atas yang mencerminkan semangat dan optimisme.

Demikian sekilas tentang seluk-beluk membubuhi tanda tangan. Artikel ini tidak menjamin kebenaran mutlak karena sukses dan tidaknya seseorang ditentukan oleh banyak faktor. Tapi, artikel ini hanya sebagai bahan inspirasi untuk kehidupan karir dan bisnis anda. Untuk informasi mendatail tentang makna dari sebuah goresan tanda tangan, silahkan konsultasikan dengan seorang graphologist. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait