10 Cara Sederhana Mencegah Pencurian pada Usaha Toko

Mungkin kita sering mendengar berbagai kasus pencurian yang terjadi pada sebuah toko atau mini market. Para pengutil sering memanfaatkan kelengahan para penjaga toko yang tidak awas terhadap situasi tempat usahanya. Untuk meminimalisir  peluang terjadinya tindakan kriminal tersebut, banyak para pemilik toko yang melengkapi tempat usahanya dengan peralatan canggih seperti sensor dan kamera CCTV. Namun pengadaan perlengkapan tersebut membutuhkan biaya yang lumayan tinggi, sehingga tidak terjangkau oleh para pemilik toko yang modalnya pas-pasan.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi dan mempersempit ruang gerak orang-orang yang bertangan jahil tersebut, anda harus melakukan berbagai upaya seperti yang diuraikan berikut ini.

1. Tetap Waspada Memperhatikan Para Pengunjung
Waspada dan awasilah setiap pengunjung yang datang ke toko anda. Jangan tertipu dengan wajah pengunjung yang kelihatan polos. Saat anda bertegur sapa, cobalah untuk melakukan kontak mata agar ada bisa mendeteksi secara dini seperti apa reaksinya. Orang-orang yang berencana berniat jahat sering kali takut melakukan kotak mata karena mereka tidak ingin wajahnya mudah dikenali. Namun anda harus pandai menyembunyikan pandangan awas anda agar para pengunjung tidak merasa risih. Kewaspadaan sebaiknya anda tingkatkan ketika ada sekelompok orang yang masuk ke toko anda, karena tak sedikit aksi pencurian tersebut dilakukan secara berkelompok.

2. Pasang Tulisan Himbauan dan Peringatan
Pajanglah sebuah papan peringatan tentang tindakan tegas yang akan anda lakukan kepada para pengutil di toko anda. Hal ini sedikit tidaknya akan merusak mental psikis calon-calon pencuri tersebut, sehingga berpikir dua kali untuk melakukan aksinya di tempat usaha anda.

3. Atur Tata Letak Barang
Aturlah tata letak barang anda secara rapi, mudah dihitung, dan gampang diingat lokasinya. Sehingga ketika anda melihat ada sebuah barang yang baru hilang, anda lebih mudah memperkirakan pengunjung mana yang berbuat tindakan pencurian tersebut.

4. Buat Desain Ruangan Toko yang Mudah Diawasi
Buatlah desain ruangan yang membuat anda dan pegawai anda lebih mudah mengawasi semua orang yang berkunjung ke toko anda. Desain ruang yang berliku-liku dengan peletakan rak-rak yang saling menghalangi akan semakin meningkatkan niat jahat tersebut.

5. Gunakan Sekat Berupa Plastik atau Kaca Transparan
Jika desain toko anda berisi sekat-sekat untuk membatasi area jenis produk yang anda pajang, maka sebaiknya menggunakan plastik atau kaca transparan agar lebih mudah dalam pengawasan.

6. Tambahkan Cermin Besar Pada Dinding 
Selain berfungsi untuk memberi kesan lega pada ruangan toko, cermin besar yang anda pajang pada dinding-dinding dan sudut atap ruangan juga dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan oleh para pembeli.

7. Pakai Pencahayaan yang Cukup Terang

8. Lakukan Akting
Jika anda merasa curiga terhadap calon pembeli anda, coba ikuti dan berpura-puralah mengecek stock barang sembari memperhatikan gerak-geriknya.

9. Letakkan Barang yang Berharga Mahal Dekat dengan Kasir
Jika ruang toko anda cukup luas dan terdapat beragam jenis produk, maka sebaiknya taruh produk-produk yang berharga mahal dekat dengan meja kasir atau diletakkan pada lokasi yang paling mudah anda awasi. Hal ini dapat membuat tingkat kerugian anda menjadi lebih rendah.

10. Sediakan Rak Tempat Penitipan Tas dan Jaket
Banyak pencuri toko yang lolos melakukan aksinya karena bantuan tas atau jaket yang digunakan untuk menyembunyikan hasil curiannya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda sediakan fasilitas rak penitipan agar mempersempit peluang para pengutil. 

Demikian sepuluh tips mencegah dan mengurangi peluang pencurian yang dilakukan oleh para pengunjung toko anda. Salam kerja & usaha!!!

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait