Waktu yang Tepat Buka Cabang Bisnis Baru

Membuka cabang baru bagi sebuah perusahaan merupakan wujud dari kerja keras yang dilakukan oleh segenap unsur dalam perusahaan tersebut. Dengan mendirikan cabang baru di lokasi lain, perusahaan dapat berpeluang meningkatkan omset pendapatannya. Dalam tahapan memutuskan untuk membuka kantor cabang bisnis yang baru tersebut, ternyata tak jauh bedanya ketika pertama kali memulai mendirikan bisnis tersebut. Ada banyak hal yang wajib anda pertimbangkan, sebelum memutuskan "ya".

Lalu kapan waktu terbaik untuk membuka cabang perusahaan yang baru? Mungkin dengan terpenuhinya poin-poin berikut ini bisa menjadi indikator untuk mulai melakukan ekspansi pendirian cabang perusahaan yang baru di lokasi lain.

1. Detail Budget
Ilustrasi Grand Opening Cabang Bisnis Baru
Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah kondisi keuangan bisnis anda. Hitunglah dengan cermat jumlah anggaran yang akan dihabiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock keuangan anda menjadi "ngos-ngosan" dan bahkan mengganggu stabilitas perusahaan utama karena melaksanakan rencana ekspansi tersebut.

2. Lokasi Representatif
Unsur kedua yang mesti dipertimbangkan dalam pendirian cabang baru adalah letak lokasi. Apakah letak lokasi tersebut strategis dan representatif? Apakah letak lokasi cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang menjanjikan? dan seterusnya! Jika lokasi yang anda pilih terlihat potensial, maka rencana pengembangan usaha tersebut bisa "go action"!

3. Memiliki Calon Pimpinan untuk Operasional Cabang Baru
Hal ketiga yang perlu anda pertimbangkan adalah ada atau tidaknya calon pimpinan (manager) yang akan memimpin kegiatan operasional cabang baru tersebut. Membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Jika anda telah memiliki kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk grand opening!

4. Mempunyai Mekanisme Kerja yang Jelas
Punya cabang usaha baru tentu memerlukan kerja ekstra. Anda harus menentukan bagaimana sistem pengawasannya, menentukan bagaimana cara suplainya, dan sejenisnya. Perancangan sistem itu akan membuat anda lebih terarah dalam pengembangan bisnis anda. Bila mekanisme yang anda susun diprediksi akan berjalan mulus, siap-siaplah untuk memantapkan rencana pembukaan cabang baru tersebut.

5. Pertimbangan Cara Ekspansi
Untuk membuka cabang baru, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan, misalnya mencari partner bisnis (investor) untuk pembiayaan pembangunan cabang baru tersebut, atau 100 persen dibiayai oleh perusahaan induk, atau juga anda bisa mempertimbangkan untuk mewaralabakan bisnis anda sebagai salah satu cara memperluas jaringan usaha. (gambar oleh Sang Aji)

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika bermanfaat, jangan lupa share di akun media sosial Anda, seperti Facebook dan Twitter.

Sajian Informasi Terkait